Thursday, 21 November 2013

SIMPUS

DIET SEHAT DAN AMAN: Peluang Bisnis: MAUKAH ANDA MENDAPATKAN PENGHASILAN LEBIH? Dengan menjadi Distributor Independen Herbalife, Anda dapat mendorong pendapatan Anda, semba...

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS TULUNGAGUNG (SIMPUSTA)
Software aplikasi ini di design sebagai alat perekam data seluruh kegiatan puskesmas sehingga tidak lagi petugas direpotkan oleh hal-hal yang semestinya sudah dapat diproses melalui komputerise. Tahun 2007 ini merupakan awal pengembangan aplikasi ini yang dimulai dengan aplikasi Loket, rawat jalan (BP), Gigi, KIA dan Apotek, meski pada tahun ini belum sempurna. Penyempurnaan ini akan terjadi jika user dipuskesmas dapat memberikan masukan terhadap kekurangan aplikasi ini dalam merekam atau mengeluarkan output (informasi yang dibutuhkan puskesmas/lainnya).
Ke depan SIMPUSTA (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Tulungagung) akan mencakup kegiatan puskesmas (dulu: SP2TP), Simpeg, Data dasar puskesmas dan kegiatan lain yang memerlukan dukungan aplikasi. Pemilihan menggunakan Acces lebih didasarkan pada kemudahan dan kebiasaan kita selama ini menggunakan Microsoft office, di samping kemampuan tenaga programmer ditingkat kabupaten yang belum memadai. Bermodalkan kemauan dan komitmen bersama untuk menghasilkan manfaat bagi semua orang maka aplikasi ini akan menjadi sempurna, ditunjang dengan peningkatan ketrampilan semua petugas kesehatan dalam penggunaan komputer.
Dalam mendukung kemampuan SDM juga dilakukan kalakarya di Kabupaten dengan paket 5 orang yaitu petugas Loket, BP, Gigi, KIA/Imunisasi dan Apotek ditambah operator yang akan bertugas mendampingi untuk pelaksanaan di puskesmas. Jadual menyesuaikan dengan kegiatan puskesmas maupun dinas, mengingat Tim SIK Tulungagung masih sedikit. Timnya SIK Tulungagung yaitu; Anna Sapti Saripah, SKM dan Dr M. Mastur sebagai Tim Manajemen SIK, Saifuddin Zuhri, SSi, MM, Sajimin, SKM, Paijan, Agus Sairi dan Sasmito sebagai Tim Software & hardware.

Tahapan-tahapan penggunaan Aplikasi SIMPUSTA
Pada desktop terdapat shortcut “SIMPUSTA” klik ganda (double click) pada icon tersebut atau klik kanan mouse lalu pilih open
Selanjutnya kita tunggu proses membuka database SIMPUSTA.MDB, kecepatan akses tergantung
pada komputer yang digunakan. Setelah muncul kotak dialog Password Required seperti pada gambar berikut ketik kata kunci yang telah diberikan dan klik OK
Setelah itu akan muncul kotak dialog security warning seperti gambar berikut, klik Open
Cara kedua adalah dengan windows explorer mencari posisi folder simpusta dan file simpusta.mdb, jika file ini telah ditemukan kita double klik (klik ganda) untuk membukanya.
Selanjutnya MENU UTAMA (tampilan depan) Simpusta akan tampak seperti pada gambar berikut, dengan menu fulldown (menu pilihan) : File, Buka, Program, Laporan, Fasilitas, Penambahan, Filter, Panduan, Keluar, yang masing – masing bisa di klik sesuai dengan pilihan program yang akan dibuka.
ISI MASING-MASING MENU
PILIHAN :
A. Menu FILTER
1. New : untuk membuat lembar kerja baru Ms. Acces
2. Open : untuk membuka file database
3. Save : untuk menyimpan hasil kerja
4. Page setup : untuk mengatur ukuran kertas dan batas – batas teks
5. Print Preview : untuk melihat hasil kerja sebelum dicetak ke kertas
6. Print : untuk mencetak ke kertas
7. Exit : untuk keluar dari program
B. Menu BUKA digunakan untuk membuka form pelayanan (Loket, BP, Gigi, KIA, UGD, Rawat Inap, Poned, Klinik Remaja, Laboratorium, Surat keterangan/uji kesehatan, Apotek)
C. Menu PROGRAM digunakan untuk membuka form Program (SIMPEG/kepegawaian, Gizi/Posyandu, Imunisasi, Kader, Kesling/PL, MTBS, PHN, PKM, SBH, UKS-UKGS)
D. Menu LAPORAN digunakan untuk membuka form pelaporan (Penyakit, Kunjungan, Keuangan, Obat, Kinerja Petugas)
E. Menu FASILITAS
1. Analyze : untuk menata database secara kontinu
2. Kompresi Database : untuk menyortir/scaning record – record yang bermasalah
3. Back Up Database : untuk mencopy file database ke file folder data cadangan
4. Gabung Pustu/Polindes : untuk menggabung data dari Polindes jika diisi di komputer pribadi
5. Proses Data : untuk memproses database ke Ms. Excel atau program lain
6. Mencari : untuk proses pencarian record tertentu
F. Menu PENAMBAHAN
Digunakan untuk mengisikan data utama seperti (Setup Utama, Isi Petugas Baru, Edit Data Petugas, Penduduk Miskin, Target Bayi dan DDTK, Target Balita dan Apras, Target Ibu, Target Imunisasi, Target KB, Obat Baru).
G. Menu FILTER digunakan untuk membatasi atau mengatur format tampilan record seperti (mengatur urutan:urutkan A-Z/ Z-A, Terapkan filter/Sortir, Lepas Filter/Sortir, Urutkan sesuai pilihan).
H. Menu PANDUAN untuk membuka modul/ panduan cara-cara menjalankan program SIMPUSTA.
I. Keluar untuk menutup program SIMPUSTA
MODUL 1 : LOKET
Untuk membuka form Loket klik menu Buka kemudian pilih LOKET sehingga tampil seperti gambar di bawah:
Form loket ini digunakan untuk mendata pasien baru/ pertama kali datang ke tempat pelayanan kesehatan (Puskesmas dan jajarannya).
Setiap kali ada pasien baru selalu klik tombol “ISI BARU”, bila pasien baru rekam semua data sesuai form di loket setelah selesai Klik tombol SIMPAN. Untuk tambahan data dasar imunisasi diisi jika ada anak/pasien yang akan diberi imunisasi. Bila pasien tidak memerlukan imunisasi kosongkan aja form tambahan ini. Jika pasien pernah berkunjung berikan karcis dan dipersilahkan ke ruang yang diinginkan berikan no registernya bila lupa maka bisa dicarikan melalui fasilitas cari. Untuk kode petugas tuliskan kode sesuai dengan isian pada tabel petugas yaitu dua digit, misalnya 01, 02, 03, dst kemudian tekan tab, nama petugas akan muncul. Untuk anak usia imunisasi isikan juga data tambahan di form bagian bawah.
Contoh Penomoran register pasien adalah
000001-A : KK
000001-B : IBU
000001-C : ANAK (Dari C sampai dengan U)
000001-V : Anggota keluarga Lainnya (Dari V sampai dengan Z)
Untuk memudahkan pelacakan pada family folder lama tuliskan kode yang baru tersebut ke no register lama, sehingga jika nantinya dibutuhkan aksesnya akan lebih mudah dan cepat.
A. BUKA ANTRIAN
Digunakan untuk membuka form antrian pasien yang akan mendapat pelayanan kesehatan. Untuk menjalankannya kelik tombol BUKA ANTRIAN sehingga muncul form seperti berikut :
1. Klik tombol ISI BARU untuk memasukkan pasien pertama
2. Ketik No Reg, pilih cara bayar, kunjungan, ketik ruangan
3. setelah selesai klik tombol ISI BARU untuk pasien berikut
Catatan : jika pasien mencari surat keterangan dokter maka kolom berobat dipilih yang Surat Dokter.
B. MASUKKAN PASIEN KE ANTRIAN
1. Setelah pasien baru disimpan bisa langsung dimasukkan ke form antrian dengan klik tombol Masukkan Pasien Ke Antrian
2. Selanjutnya di form antrian tinggal mengetikkan kunjungan dan ruangan
C. MENCARI IDENTITAS PASIEN YANG LUPA BAWA KARTU BEROBAT
1. Klik salah satu tombol di samping kanan isian pasien baru
- Cari No Reg >> Nama : setelah di klik ketikkan Nama pasien yang dicari, Klik OK
- Cari No Reg >> Nama Desa : setelah di klik ketikkan nama desa pasien yang di cari
- Cari No Reg >> Nama KK : setelah di klik ketikkan nama KK pasien yang dicari
- Cari Kode Desa : untuk mencari kode desa bagi petugas yang lupa
2. setelah menemukan catat no register untuk ke pelayanan selanjutnya
D. MENCARI TANGGAL LAHIR
Untuk mencari tanggal lahir pasien yang lupa dengan tanggal lahirnya, dengan catatan tanggal lahir akan sesuai akumulasi komputer
Caranya :
1. ketikkah umur pasien di kolom tahun atau kolom bulan
2. tekan Enter, maka kolom tanggal lahir akan terisi secara otomatis
MODUL 2 : BALAI PENGOBATAN (BP)
A. PENDAHULUAN
Untuk membuka form BP klik menu Buka, kemudian pilih BP maka akan tampil form BP seperti di bawah ini:
Langkah – langkah mengisi form BP :
1. Klik tombol ISI BARU
2. Klik tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)
3. Panggil pasien dengan speaker atau media yang disediakan
4.   Jika pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak dilayani
5.   Isi kotak isian form BP secara lengkap :
a. NO REG : no register pasien (jika pakai antrian otomatis muncul)
b. Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis sesuai tanggal komputer hari ini)
c. Bayar : cara bayar pasien (jika pakai antrian otomatis muncul)
d. Tempat : tempat pelayanan (didefault INDUK) jika tidak pilih salah satu
e. B/L : kunjungan pasien (B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)
f. Kasus Ke : kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama; BK=bukan kasus)
g. UKS : jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada
h. Konsul : Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain; Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)
i. Anamnese : Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit
j. Pem. Fisik : Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien
k. Penunjang : Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien
l. Dx. Utama : Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)
m. Tindakan : Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul
n. Tx : Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya
o. Rujuk ke : ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk
p. Buat puyer : ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan
q. Petugas : ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan
6. Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record
7. jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/
8. Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya
9. Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form BP
B. Fungsi Tombol di Form BP
1. Sakit Keluarga : untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor register yang diinginkan, contoh: 63006
2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat penyakit dari pasien yang sedang dilayani
3. Kamus Diagnosa : untuk melihat jenis diagnosa secara lengkap dengan kodenya
4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris
5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat
6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya secara lengkap
MODUL 3 : GIGI
A. PENDAHULUAN
Untuk membuka form GIGI klik menu Buka, kemudian pilih GIGI maka akan tampil form GIGI seperti di bawah ini:
Langkah – langkah mengisi form GIGI :
1. Klik tombol ISI BARU
2. Klik tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)
3. Panggil pasien dengan speaker atau media yang disediakan
4.   Jika pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak dilayani
5.   Isi kotak isian form GIGI secara lengkap :
a. NO REG : no register pasien (jika pakai antrian otomatis muncul)
b. Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis sesuai tanggal komputer hari ini)
c. Bayar : cara bayar pasien (jika pakai antrian otomatis muncul)
d. Tempat : tempat pelayanan (didefault INDUK) jika tidak pilih salah satu
e. B/L : kunjungan pasien (B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)
f. Kasus Ke : kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama; BK=bukan kasus)
g. UKS : jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada
h. Konsul : Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain; Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)
i. Anamnese : Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit
j. Pem. Fisik : Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien
k. Penunjang : Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien
l. Dx. Utama : Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)
m. Tindakan : Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul
n. Tx : Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya
o. Rujuk ke : ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk
p. Buat puyer : ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan
q. Petugas : ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan
6. Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record
7. jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/
8. Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya
9. Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form GIGI
B. Fungsi Tombol di Form GIGI
1. Sakit Keluarga : untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor register yang diinginkan, contoh: 63006
2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat penyakit dari pasien yang sedang dilayani
3. Kamus Diagnosa : untuk melihat jenis diagnosa secara lengkap dengan kodenya
4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris
5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat
6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya secara lengkap
MODUL 4 : KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA)
A. PENDAHULUAN
Untuk membuka form KIA klik menu Buka, kemudian pilih KIA maka akan tampil form KIA seperti di bawah ini:
Langkah – langkah mengisi form KIA :
1. Klik tombol ISI BARU
2. Klik tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)
3. Panggil pasien dengan speaker atau media yang disediakan
4. Jika pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak dilayani
5. Isi kotak isian form KIA secara lengkap :
a. NO REG : no register pasien (jika pakai antrian otomatis muncul)
b. Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis sesuai tanggal komputer hari ini)
c. Bayar : cara bayar pasien (jika pakai antrian otomatis muncul)
d. Tempat : tempat pelayanan (didefault INDUK) jika tidak pilih salah satu
e. B/L : kunjungan pasien (B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)
f. Kasus Ke : kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama; BK=bukan kasus)
g. UKS : jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada
h. Konsul : Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain; Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)
i. Anamnese : Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit
j. Pem. Fisik : Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien
k. Penunjang : Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien
l. Dx. Utama : Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)
m. Tindakan : Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul
n. Tx : Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya
o. Rujuk ke : ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk
p. Buat puyer : ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan
q. Petugas : ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan
6. Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record
7. jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/
8. Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya
9. Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form GIGI
B. Fungsi Tombol di Form KIA
1. Sakit Keluarga : untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor register yang diinginkan, contoh: 63006
2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat penyakit dari pasien yang sedang dilayani
3. Kamus Diagnosa : untuk melihat jenis diagnosa secara lengkap dengan kodenya
4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris
5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat
6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya secara lengkap
7. Kartu Ibu : untuk membuka form Kartu Ibu
8. Kartu KB : untuk membuka form isian KB
9. Kartu Anak : untuk membuka form isian data dasar anak
MODUL 5 : IMUNISASI
Untuk menjalankan program imunisasi harus membuka SIMPUSTA dulu kemudian ikuti langkah – langkah berikut :
A. ENTRY DATA IMUNISASI
1. Setelah menu utama Simpusta tampil, klik Menu Program, Pilih Imunisasi terlihat pada gambar 1a
Gambar 1a
2. Ketik password pada kotak dialog Password Required, kemudian klik OK, Gambar 2a
Gambar 2a
3. Untuk mengisi data Imunisasi Klik tombol BUKA ISIAN IMUNISASI, Gambar 3a
Gambar 3a
4. Setelah Muncul Form Isian Imunisasi Klik tombol ISI BARU(untuk mengisi data); SIMPAN (menyimpan record); LOKET(untuk anak yang belum pernah mendapat pelayanan); Klik kolom isian NO REG (masukkan nomor register); selanjutnya isi kolom – kolom yang kosong sesuai data yang ada, jika ada anak panah pilihan tinggal klik pilihannya tidak perlu mengetik sendiri Gambar 4a
Gambar 4a
5. Setelah data terisi penuh Klik tombol SIMPAN (untuk menyimpan record), untuk mengisi data yang lain Klik Tombol ISI BARU, jika sudah selesai Klik tombol KELUAR
B. MEMASUKKAN DATA PENERIMAAN VAKSIN
1. Klik Tombol ISIAN VAKSIN MASUK pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar 1b
Gambar 1b
2. Klik tombol ISI VAKSIN MASUK untuk memulai pengisian penerimaan vaksin. Gambar2b
Gambar 2b
3. Setelah selesai Klik tanda silang (X) di kanan atas form isian
4. Untuk kolom Vaksin (tinggal dipilih); Penerima (Pilih nama petugas Jurim)
C. MEMASUKKAN DATA PENGELUARAN VAKSIN
1. Klik Tombol ISIAN VAKSIN KELUAR pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar 1c
Gambar 1c
2. Klik tombol ISI VAKSIN KELUAR untuk memulai pengisian penerimaan vaksin. Gambar2c
Gambar 2c
3. Setelah selesai Klik tanda silang (X) di kanan atas form isian
4. Untuk kolom Vaksin (tinggal dipilih); DiberikanKepada (Pilih nama petugas Penerima vaksin, misal: Nama Bidan, atau Perawat yang melaksanakan imunisasi)
1. Klik Tombol MUTASI DAN SISA VAKSIN pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar 1d
Gambar 1d
2. Setelah seperti gambar 2d muncul maka Ketik Tanggal mulai dan selesai pelaporan dan pilih Nama Vaksin yang akan dilihat, selanjutnya klik OK
Gambar 2d
3. Setelah selesai untuk menutup form Klik tanda silang (X) di kanan atas form isian
F. LAPORAN PWS IMUNISASI
1. Buka File PWS IMUNISASI di folder D:SimpustaExcel...;
2. Setelah kotak dialog security warning Klik Enable Macros
3. Klik Sheet SETTING kemudian ganti tahun, isi Nama Desa Sesuai dengan wilayah kerja puskesmas, Target Bayi dan WUS, selain wilayah kerja ketik DESA....(sesuai nomor urut dibawahnya), kemudian keluar, seperti Gambar 1f
Gambar 1f
4. Klik Tombol PWS KONVENSIONAL pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar2f
Gambar 2f
5. Tunggu proses, setelah seperti gambar 3f muncul maka Klik YES
Gambar 3f
6. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar 4f selanjutnya klik “Enable Macros”
Gambar 4f
7. Klik Sheet Bulan yang diinginkan, untuk melihat laporan PWS bulanan Misal : 8, seperti Gambar 5f
Gambar 5f
8. Untuk membuat Grafik Klik Sheet bulan yang diinginkan, misal: 8 kemudian tekan tombol keyboard Ctrl + Shift + G, maka akan terlihat hasilnya seperti gambar 6f
Gambar 6f
G. LAPORAN CAKUPAN IMUNISASI PERDESA
1. Klik Menu Laporan; Pilih Data Imunisasi Perdesa, Klik antigen yang ingin dilihat cakupannya, Misalnya : BCG seperti terlihat pada gambar 1g
Gambar 1g
2. Setelah seperti gambar 2g muncul maka Ketik Nama Desa dan selanjutnya Klik OK
Gambar 2g
3. Kemudian akan muncul kotak dialog pengisian tanggal laporan seperti Gambar 3g dan gambar 4g maka ketikkan tanggal mulai dan sampai, selanjutnya klik OK
Gambar 3g Gambar 4g
4. Setelah itu akan muncul hasilnya, dan jika selesai klik tanda silang (X) kanan atas form
H. PEMETAAN IMUNISASI
1. Klik Tombol PWS GEO MAPPING pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar 1h
Gambar 1h
2. Setelah seperti gambar 2h muncul maka Ketik Tanggal mulai dan selesai pemetaan, kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.
Gambar 2h
3. Maka akan hasilnya terlihat seperti gambar 3h, apabila ingin mengetahui secara detail datanya dari jumlah masing-masing desa yang muncul tinggal diKlik saja.
Gambar 3h
1. Klik Tombol GOLDEN STANDARD IMUNISASI pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar 1i
Gambar 1i
2. Setelah seperti gambar 2i muncul maka Ketik Tanggal lahir mulai, kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.
Gambar 2i
3. Maka akan muncul hasilnya berupa grafik lingkaran.
4. Jika ingin melihat valid dose klik Tombol GOLD STANDAR DAN VALID DOSE PER ANAK ikuti prosesnya maka akan kelihatan hasilnya.
J. DO SASARAN IMUNISASI
1. Klik Tombol ANTISIPASI DO IMUNISASI pada menu utama imunisasi, seperti pada gambar 1j
Gambar 1j
2. Setelah seperti gambar 2j muncul maka Ketik Tanggal lahir mulai, kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.
Gambar 2j
3. Maka akan muncul daftar imunisasi secara rinci seperti gambar 3j
Gambar 3j
4. Data diatas dapat digunakan untuk sweeping imunisasi
MODUL 6 : APOTEK
A. PENDAHULUAN
Untuk membuka form Apotek klik menu Buka, kemudian pilih APOTEK maka akan tampil form APOTEK seperti di bawah ini:
Langkah – langkah mengisi form APOTEK :
1. Klik tombol ANTRI OBAT
2. Panggil pasien jika data sesuai dengan form (jika loket menggunakan antrian)
3. Klik tombol dilayani/diobati
4. Ketikkan nama petugas, kemudian berikan obat sesuai dengan yg ada di form
5. Klik kotak yang ada di tombol KLIK SETELAH DIBERI OBAT
6. Jika obat tidak tersedia konsultasikan kembali dengan dokternya
B. Fungsi Tombol di Form APOTEK
1. Pasien Berikut : untuk melayani pasien nomor urut berikutnya
2. Resep yang belum diberi : untuk menampilkan pasien yang belum diberi obat
3. Cetak resep : untuk mencetak resep sesuai dengan form yang tampil
4. Stok Keluar : untuk melihat berapa obat yang dikeluarkan perhari
LAPORAN
Klik ikon Laporan pada tampilan SIMPUSTA, maka akan diperoleh tampilan seperti di bawah ini, selanjutnya anda tinggal memilih menu yang ada.
Di bawah ini adalah tampilan 10 besar penyakit gakin. Selanjutnya arahkan mouse ke button yang diinginkan
Isikan bulan dan tahun yang diinginkan OK, maka terlihat hasilnya seperti dibawah ini
Ulangi pada ikon/button sesuai kebutuhan data yang akan dimanfaatkan oleh user maupun stakeholder. Jika data yang dibutuhkan tidak muncul maka bisa didesign query tersebut oleh operator puskesmas atau tenaga yang memiliki ketrampilan untuk hal tersebut.

PETUNJUK PEMBUATAN LAPORAN OBAT
A. MEMBUAT LAPORAN LPLPO DAN PERESEPAN
LPLPO singkatan Laporan Pemakaian dan Laporan Pengeluaran Obat dan Hitung Resep terdapat formula macro, oleh karena itu supaya macro bisa dijalankan, langkah yang harus dilakukan sebelumnya adalah sebagai berikut:
Buka Microsoft Excel
Klik Tools à Macro à Security à pilih Medium
Klik OK.
Tutup Microsoft Excel, setelah itu Microsoft Excel siap untuk menjalankan Macro.
LANGKAH - LANGKAH MEMBUAT LAPORAN LPLPO
1. Buka Laporan pada Halaman Depan SIMPUSTA
a. Klik Penyakit, Obat dan Karcis
b. Klik Tombol Total Obat Keluar
2. Perhatikan kotak dialog peringatan baca dengan seksama setelah selesai, Klik OK
3. Jika muncul kotak dialog di bawah ini klik Yes
4. ISI RENTANG WAKTU YANG DIKEHENDAKI
Tanggal Awal Tanggal Akhir
5. Kemudian Klik File OBAT_KELUAR_TOTAL,
Klik Sheet ”Obat_Keluar” selanjutnya tekan tombol Ctrl+Shift+S
6. Klik kanan pada Range Jumlah di Sheet ”DATA_LPLPO” di file Obat_Keluar_Total
7. Kembali ke Ms. Access, dengan cara klik pilihan di Status Bar bawah seperti di gambar. Kemudian pilih APL4: Form
8. Klik tombol pilihan LPLPO TOTAL, ikuti proses selanjutnya
9. Klik sheet bulan tertentu, klik kanan pada baris awal Pemakaian Dalam”
10. Pilih Paste Spesial, Value
Catatan Penting !!!
1. Mohon stok obat diisikan pada Sheet bulan Januari dimana data tersebut berasal dari sisa Akhir pada bulan terakhir !! ( Misalnya sesuai contoh: Sisa Akhir Bulan April pada LPLPO yang lama, dipindah sebagai Stok Awal di bulan Januari LPLPO yang Baru ).
2. Bila mendapat obat dari GFK, maka pada kolom ”Pemberian” LPLPO harus diisi sesuai sumber asal obat, misalnya ASKES/DAU/JPKMM/PJKMM,BUFER/PROGRAM , karena angka tersebut akan menjadi penerimaan pada bulan berikutnya.
3. Untuk mengisi Jumlah Cara Bayar lihat di File Obat_Keluar_Total
B. MEMBUAT LAPORAN LB1
1. Klik Tombol Penyakit, Obat dan Karcis
2. Setelah muncul form berikutnya Klik “LB1 LENGKAP”
Output yang dihasilkan ini baru menghasilkan total kasus kesakitan (LB1), belum dirinci menurut Kasus Baru, Kasus Lama, Kasus Lanjut
3. Isi rentang waktu yang dikehendaki
Tanggal mulai Tanggal akhir
4. Maka akan muncul hasil LB1 sesuai batasan tanggal
Langkah yang sama seperti diatas harus dilakukan untuk membuat laporan bulan berikutnya
Untuk kebutuhan analisis lain bisa dilakukan menggunakan MS excel, dengan cara mengeksport report dari MS Acces, untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini
.
Ketik nama file, pilih type file lalu klik export, maka akan diperoleh file MS excel seperti di bawah ini
Selanjutnya kode penyakit diurutkan dengan cara menempat kursor pada A2 lalu klia sort A-Z, maka akan diperoleh sheet di bawah ini

71 comments:

  1. cecep ivan dwi nurcahyo
    S1 keperawatan IB

    salam super pak....
    terimakasih atas materi tentang SIMPUSnya pak.....

    ReplyDelete
  2. Galuh Chrismawati
    S1Kep IB

    Terimakasih atas infonya pak..

    ReplyDelete
  3. Lusiana dwi wulandari
    S1 keperawatan IB
    terimakasih atas tugasnya pak .....

    ReplyDelete
  4. Ary Novitasari
    S1 Keperawatan IB

    Terima kasih pak atas materinya .

    ReplyDelete
  5. Galih Satrio
    S1 keperawatan IB


    Keren materinya pak.. Good job..

    ReplyDelete
  6. Oky Cakra. M.
    S1Kep 1B

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  7. umi hanik
    s1 kep Ib

    terima kasih atas materinya

    ReplyDelete
  8. Yusuf Abdillah
    S1 Keperawatan 1B

    sebelumnya terimakasih pak atas materinya.
    Saya ada pertanyaan pak
    pak apakah simpus bisa dilakukan di tulungagung

    ReplyDelete
  9. Riana Kurnia Ningtiyas
    S1 Keperawatam IB

    Terima kasih pak atas materi yang disampaikan.
    Sekarang semuanya serba moderen. sampai membuat laporan saja sudah ada program nya !!!!! Perpaduan managemen dan teknologi.

    ReplyDelete
  10. fahrul dwi saputro
    s1 kep IB

    .,sangat membantu pak
    bsok mohon langsung di praktekkan agar teman-teman bisa lebih paham .
    terima kasih .

    ReplyDelete
  11. IVAN YUFIANDI HANYANTO
    S1 KEP 1B

    terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  12. INDAH ROHANA
    SI B

    trimakasih atas materinya ..

    ReplyDelete
  13. Widha Desy Puspitasari
    S1 Kep IB

    Terima kasih atas materinya pak. Proses manajemen akan semakin efektif krn dpt mengurangi kesalahan.

    ReplyDelete
  14. Imro'atus Solekah
    S1 Kep / 1B

    Terima kasih pak atas materi yang modern ini, smapai membuat laporan begitu modern dan proses manajemennya sangat efektif.

    ReplyDelete
  15. indo ardeka nurdin p
    SI kep / IB

    terima kasih pak atas materinya.

    ReplyDelete
  16. VITRI YULITASARI
    S1 KEP. IB

    Terimakasih pak atas materinya.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Nuril Latifiani
    SI Kep. IB

    Terimakasih pak atas materinya.

    ReplyDelete
  19. Reza Yulia K.S.
    S1 Kep. IB
    terimakasih materinya pak.

    ReplyDelete
  20. Lya ayu debitasari
    S1 Kep IB
    Terimakasih atas materi yang bapak berikan. Dengan ini proses manajemen akan semakin modern dan efektif tentunya.

    ReplyDelete
  21. MUHAMMAD AKHWANUDIN
    S1 KEP. 1-B

    Dengan adanya SIMPUSTA... sangat membantu para institusi puskesmas...khususnya di tulungagung.. baik di tingkat desa maupun kecamatan...terima kasih

    ReplyDelete
  22. WIDIA KUSUMA WARDANI
    S1 KEPERAWATAN B

    terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  23. nanda selvia
    S1 kep B
    terimaksih atas materinya pak. simpus ini sangat membantu serta memudahkan instansi kesehatan yang ada di tulungagung .

    ReplyDelete
  24. Zakqi Aditya Permadi
    S1 Kep 1-B

    Terima kasih pak atas materinya .

    ReplyDelete
  25. ENDRIK SETIAWAN
    S1 KEPERAWATAN 1B
    terima kasih pak ,,
    sangat membantu untuk proses pembelajaran kami,..

    ReplyDelete
  26. INTAN FRISCA RISTANTY
    S1 KEPERAWATAN B
    terimakasih pak atas materinya

    ReplyDelete
  27. NILLA CHORNIA ERENTHA
    SI KEPERAWATN B
    terimaksih pak materinya

    ReplyDelete
  28. Disma Liyana Dewi
    S1 Keperawatan Tk IB

    Terima kasih pak untuk Materi SIMUSTA

    ReplyDelete
  29. AGNES AYU AMARDIKA
    S1 Kep IB

    terimakasih pak atas materi SIMUSTAnya

    ReplyDelete
  30. DHATU KALVIKA SARI
    S1 KEP 1A
    terimakasih pak infonya

    ReplyDelete
  31. Muhammad Reza Pratama
    S1 Keperawatan 1A

    terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  32. Diah Retnowati
    S1 Keperawatan 1A
    untuk menambah pengetahuan tentang teknologi di bidang kesehatan perlu share materi lagy pak,biar semua tahu dan ngerti.
    terimakasih

    ReplyDelete
  33. Melisa Suryaningrum
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  34. Nanda Regina Meiningtyas
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih materinya pak.

    ReplyDelete
  35. Erni Wijayanti
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih materinya pak.

    ReplyDelete
  36. Alif Yusril H E
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih materinya pak.

    ReplyDelete
  37. Okky Fajar Bayu
    s1 kep 1-A

    saya sudah membaca materinya.. terimakasihh.

    ReplyDelete
  38. Heni Arif Prabowo
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih infonya pak.

    ReplyDelete
  39. Gomas tiyo E S
    S1 kep 1-A

    Terimakasih materinya Pak

    ReplyDelete
  40. Alfi Agustin
    S1 Kep IB

    terimakasih pak materinya

    ReplyDelete
  41. Yayuk wahyuti
    S1 kep IA
    pak ini email saya yayukwhyu@gmail.com
    terima kasih materinya

    ReplyDelete
  42. Asesia Cipta Mainitasari
    S1 Keperawatan 1A
    Terimakasih pak atas materi yang telah diberikan :)

    ReplyDelete
  43. Nama : Aurita Puji Lestari
    Kelas : S1 Keperawatan 1-A

    terimakasih pak atas materi yang diberikan .

    ReplyDelete
  44. Nike Oktavia senja
    S1 kep IA
    terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
    , tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  45. Eri aptisa dini wijayanti
    S1 kep IA
    terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
    , tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  46. NAMA:DEA OSELLA
    KELAS: S1 KEPERAWATAN 1A
    ABSEN: A2R14007

    PAK MATERINYA SANGAT BERMANFAAT,SAYA SUKA-SAYA SUKA.
    PAK KEMARIN SAYA SUDAH KOMEN LO TAPI KOK DISURUH PERBAIKAN,SEKARANG KOMEN LAGI. MAKASIH PAK...........

    ReplyDelete
  47. ilma ainushofa
    SI KEPERAWATAN IA

    Materinya sangat bagus pak,terima kasih

    ReplyDelete
  48. Evania Dyita Hastuti
    S1 Kep IA
    Terimakasih atas materi SIMPUS pak
    sangat membantu dan menjadi tau tentang penggunaan SIMPUS yang modern ,

    ReplyDelete
  49. Nama : DIAH PRATIWI RACHMAWATI
    Kelas : S1 KEPERAWATAN 1A
    NIM : A2R14012



    TERIMAKASIH ATAS MATERI YANG DISAMPAIKAN DI BLOG INI.. BISA MEMBANTU DAN BERMANFAAT TENTANG SIMPUS ...

    ReplyDelete
  50. Trisna Silvia Devi
    S1Keperawatan 1A

    Terima kasih pak materinya bermanfaat

    ReplyDelete
  51. dessty nurlita putri
    S1 Keperawatan IA
    Terimakasih tentang materi SIMPUSTA sangat menambah wawasan buat saya

    ReplyDelete
  52. Nama : Eka septa iswanti
    S1 Kep IA

    terimakasih atas informasinya pak
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  53. Nama : Debby Elysa
    Kelas : SI kep. I-A

    Terimakasih pak atas materinya,

    ReplyDelete
  54. nama : Niken Kiswari Widiasri
    Prodi : S1 kep IA

    terimakasih pak materinya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya

    ReplyDelete
  55. NORA ANGGI PUSPITA
    S1 kep 1A
    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Nama : Riski Afandi
    Kelas : SI kep. I-A

    Terimakasih pak atas info dan materinya,

    ReplyDelete
  57. handa fuadiyah
    S1 kep 1A
    MAKASIH INFONYA PAK

    ReplyDelete
  58. EMA DWIJAYANTI
    S1 KEPERAWATAN 1A
    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  59. Nama : Novia Nastasya Devi
    Kelas : S1 kep 1B

    Terimakasih pak untuk materinya :)

    ReplyDelete
  60. Andika arda prastya
    S1 keperawatan 1/A
    Absen 02

    Sebelumnya saya tdk bgtu mengerti simplus..dg membaca ini kurang lebihnya jadi sedikit mngerti..trimakasii atas informasi dri bpk sajimin...

    ReplyDelete
  61. Muhamad Fahrul Amin
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih infonya pak.

    ReplyDelete
  62. Terima kasih pak Sajimin atas materi yang di berikan.. lebih jelasnya bapak bisa terangkan di kelas.. terimakasih dan daopatr bermanfaat amin,,

    ReplyDelete
  63. Ega arsita
    S-1 Keperawatan 1-A
    terima kasih pak informasinya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  64. erita purnamintari
    S1 keperawatan 1A
    terimakasih pak infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  65. nama widia suci tk 1a
    terimakasih pak atas materinya

    ReplyDelete
  66. elvina yhonni r
    IB
    terimakasih pak

    ReplyDelete
  67. Wahyu Sulistio
    S1 keperawatan 1B

    Terima Kasih materi pembelajarannya pak

    ReplyDelete
  68. Haris Jauhar Alifi
    S1 keperawatan 1A

    Terimakasih pak atas materinya, tpi menurut saya materi bapak terlalu sinkat jadi mohon di jelaskan di pertemuan selanjutnya.

    ReplyDelete
  69. nama : faiz ilhami
    kelas : IB
    "Terimakasih atas materinya Pak"

    ReplyDelete
  70. Nurma lita sari
    S1 keperawatan 1-A

    terimakasih pak informasi materinya..

    ReplyDelete
  71. MUHAMMAD IKHWANUDIN
    SI KEPERAWATAN IA
    Terimakasih atas informasi materinya pak.

    ReplyDelete