SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS TULUNGAGUNG (SIMPUSTA)
Software aplikasi ini di design sebagai alat perekam data seluruh kegiatan puskesmas sehingga tidak lagi petugas direpotkan oleh hal-hal yang semestinya sudah dapat diproses melalui komputerise. Tahun 2007 ini merupakan awal pengembangan aplikasi ini yang dimulai dengan aplikasi Loket, rawat jalan (BP), Gigi, KIA dan Apotek, meski pada tahun ini belum sempurna. Penyempurnaan ini akan terjadi jika user dipuskesmas dapat memberikan masukan terhadap kekurangan aplikasi ini dalam merekam atau mengeluarkan output (informasi yang dibutuhkan puskesmas/lainnya).
Ke depan SIMPUSTA (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Tulungagung) akan mencakup kegiatan puskesmas (dulu: SP2TP), Simpeg, Data dasar puskesmas dan kegiatan lain yang memerlukan dukungan aplikasi. Pemilihan menggunakan Acces lebih didasarkan pada kemudahan dan kebiasaan kita selama ini menggunakan Microsoft office, di samping kemampuan tenaga programmer ditingkat kabupaten yang belum memadai. Bermodalkan kemauan dan komitmen bersama untuk menghasilkan manfaat bagi semua orang maka aplikasi ini akan menjadi sempurna, ditunjang dengan peningkatan ketrampilan semua petugas kesehatan dalam penggunaan komputer.
Dalam mendukung kemampuan SDM juga dilakukan kalakarya di Kabupaten dengan paket 5 orang yaitu petugas Loket, BP, Gigi, KIA/Imunisasi dan Apotek ditambah operator yang akan bertugas mendampingi untuk pelaksanaan di puskesmas. Jadual menyesuaikan dengan kegiatan puskesmas maupun dinas, mengingat Tim SIK Tulungagung masih sedikit. Timnya SIK Tulungagung yaitu; Anna Sapti Saripah, SKM dan Dr M. Mastur sebagai Tim Manajemen SIK, Saifuddin Zuhri, SSi, MM, Sajimin, SKM, Paijan, Agus Sairi dan Sasmito sebagai Tim Software & hardware.
Pada desktop terdapat shortcut “SIMPUSTA” klik ganda (double click) pada icon tersebut atau klik kanan mouse lalu pilih open
Selanjutnya kita tunggu proses membuka database SIMPUSTA.MDB, kecepatan akses tergantung
pada komputer yang digunakan. Setelah muncul kotak dialog Password Required seperti pada gambar berikut ketik kata kunci yang telah diberikan dan klik OK
Setelah itu akan muncul kotak dialog security warning seperti gambar berikut, klik Open
Cara kedua adalah dengan windows explorer mencari posisi folder simpusta dan file simpusta.mdb, jika file ini telah ditemukan kita double klik (klik ganda) untuk membukanya.
Selanjutnya MENU UTAMA (tampilan depan) Simpusta akan tampak seperti pada gambar berikut, dengan menu fulldown (menu pilihan) : File, Buka, Program, Laporan, Fasilitas, Penambahan, Filter, Panduan, Keluar, yang masing – masing bisa di klik sesuai dengan pilihan program yang akan dibuka.
ISI MASING-MASING MENU
PILIHAN :
A. Menu
FILTER
1. New : untuk membuat lembar
kerja baru Ms. Acces
2. Open : untuk membuka file
database
3. Save : untuk menyimpan hasil
kerja
4. Page setup :
untuk mengatur ukuran kertas dan batas – batas teks
5. Print Preview :
untuk melihat hasil kerja sebelum dicetak ke kertas
6. Print :
untuk mencetak ke kertas
7. Exit :
untuk keluar dari program
B. Menu BUKA digunakan untuk membuka form
pelayanan (Loket, BP, Gigi, KIA, UGD, Rawat Inap, Poned, Klinik Remaja,
Laboratorium, Surat keterangan/uji kesehatan, Apotek)
C. Menu PROGRAM digunakan untuk membuka form
Program (SIMPEG/kepegawaian, Gizi/Posyandu, Imunisasi, Kader, Kesling/PL, MTBS,
PHN, PKM, SBH, UKS-UKGS)
D. Menu
LAPORAN digunakan untuk membuka form pelaporan (Penyakit, Kunjungan, Keuangan,
Obat, Kinerja Petugas)
E. Menu
FASILITAS
1.
Analyze : untuk
menata database secara kontinu
2.
Kompresi Database : untuk
menyortir/scaning record – record yang bermasalah
3.
Back Up Database : untuk mencopy file
database ke file folder data cadangan
4.
Gabung Pustu/Polindes : untuk menggabung data dari Polindes jika diisi di komputer
pribadi
5. Proses Data :
untuk memproses database ke Ms. Excel atau program lain
6. Mencari :
untuk proses pencarian record tertentu
F. Menu PENAMBAHAN
Digunakan
untuk mengisikan data utama seperti (Setup Utama, Isi Petugas Baru, Edit Data
Petugas, Penduduk Miskin, Target Bayi
dan DDTK, Target Balita dan Apras, Target Ibu, Target Imunisasi, Target KB,
Obat Baru).
G.
Menu FILTER digunakan untuk membatasi atau mengatur format tampilan record
seperti (mengatur urutan:urutkan A-Z/ Z-A, Terapkan filter/Sortir, Lepas
Filter/Sortir, Urutkan sesuai pilihan).
H. Menu PANDUAN untuk membuka modul/ panduan
cara-cara menjalankan program SIMPUSTA.
I. Keluar untuk menutup program SIMPUSTA
MODUL 1 : LOKET
Untuk membuka form Loket klik menu Buka kemudian pilih LOKET sehingga tampil seperti gambar
di bawah:
Form
loket ini digunakan untuk mendata pasien baru/ pertama kali datang ke tempat pelayanan kesehatan (Puskesmas dan jajarannya).
Setiap kali ada pasien baru selalu klik tombol “ISI BARU”, bila pasien baru rekam semua data sesuai form di loket setelah selesai Klik tombol SIMPAN. Untuk tambahan data dasar imunisasi diisi jika ada anak/pasien yang akan diberi imunisasi. Bila pasien tidak memerlukan imunisasi kosongkan aja form tambahan ini. Jika pasien pernah berkunjung berikan karcis dan dipersilahkan ke ruang yang diinginkan berikan no registernya bila lupa maka bisa dicarikan melalui fasilitas cari. Untuk kode petugas tuliskan kode sesuai dengan isian pada tabel petugas yaitu dua digit, misalnya 01, 02, 03, dst kemudian tekan tab, nama petugas akan muncul. Untuk anak usia imunisasi isikan juga data tambahan di form bagian bawah.
Contoh
Penomoran register pasien adalah
000001-A : KK
000001-B : IBU
000001-C : ANAK (Dari C sampai dengan U)
000001-V : Anggota keluarga Lainnya (Dari V sampai
dengan Z)
Untuk
memudahkan pelacakan pada family folder lama tuliskan kode yang baru tersebut
ke no register lama, sehingga jika nantinya dibutuhkan aksesnya akan lebih
mudah dan cepat.
A. BUKA ANTRIAN
Digunakan untuk membuka form antrian pasien yang akan mendapat pelayanan kesehatan. Untuk menjalankannya kelik tombol BUKA ANTRIAN sehingga muncul form seperti berikut :
1. Klik tombol ISI BARU untuk memasukkan pasien pertama
2. Ketik No Reg, pilih cara bayar, kunjungan, ketik ruangan
3. setelah selesai klik tombol ISI BARU untuk pasien berikut
Catatan : jika pasien mencari surat keterangan dokter maka kolom berobat dipilih yang Surat Dokter.
B. MASUKKAN PASIEN KE
ANTRIAN
1.
Setelah pasien baru disimpan bisa langsung dimasukkan ke form antrian dengan
klik tombol Masukkan Pasien Ke Antrian
2.
Selanjutnya di form antrian tinggal mengetikkan kunjungan dan ruangan
C. MENCARI IDENTITAS
PASIEN YANG LUPA BAWA KARTU BEROBAT
1. Klik salah satu tombol di samping kanan isian pasien baru
- Cari No Reg >> Nama : setelah di klik ketikkan Nama pasien yang dicari,
Klik OK
-
Cari No Reg >> Nama Desa : setelah di klik ketikkan nama desa pasien yang
di cari
-
Cari No Reg >> Nama KK : setelah di klik
ketikkan nama KK pasien yang dicari
-
Cari Kode Desa : untuk mencari kode desa bagi petugas yang lupa
2.
setelah menemukan catat no register untuk ke pelayanan selanjutnya
D. MENCARI
TANGGAL LAHIR
Untuk
mencari tanggal lahir pasien yang lupa dengan tanggal lahirnya, dengan catatan tanggal lahir akan sesuai
akumulasi komputer
Caranya
:
1.
ketikkah umur pasien di kolom tahun atau kolom bulan
2.
tekan Enter, maka kolom tanggal lahir akan terisi secara otomatis
MODUL 2 : BALAI PENGOBATAN (BP)
A. PENDAHULUAN
Untuk
membuka form BP klik menu Buka, kemudian pilih BP maka akan tampil form BP
seperti di bawah ini:
Langkah
– langkah mengisi form BP :
1. Klik
tombol ISI BARU
2. Klik
tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)
3. Panggil
pasien dengan speaker atau media yang disediakan
4. Jika
pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak
dilayani
5. Isi
kotak isian form BP secara lengkap :
a.
NO REG : no register pasien (jika pakai
antrian otomatis muncul)
b.
Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis
sesuai tanggal komputer hari ini)
c.
Bayar : cara bayar pasien (jika
pakai antrian otomatis muncul)
d.
Tempat : tempat pelayanan (didefault INDUK)
jika tidak pilih salah satu
e.
B/L : kunjungan pasien
(B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)
f. Kasus Ke :
kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama;
BK=bukan kasus)
g. UKS :
jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada
h. Konsul :
Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain;
Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)
i. Anamnese :
Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit
j. Pem. Fisik :
Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien
k. Penunjang :
Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien
l. Dx. Utama :
Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)
m. Tindakan :
Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul
n. Tx :
Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya
o. Rujuk ke :
ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk
p. Buat puyer :
ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan
q. Petugas :
ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan
6.
Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record
7.
jika diperlukan mencetak resep klik
tombol PRINT R/
8.
Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya
9.
Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form BP
B. Fungsi
Tombol di Form BP
1. Sakit Keluarga :
untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor
register yang diinginkan, contoh: 63006
2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat
penyakit dari pasien yang sedang dilayani
3. Kamus Diagnosa : untuk melihat jenis diagnosa secara lengkap
dengan kodenya
4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris
5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat
6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya
secara lengkap
MODUL 3 : GIGI
A. PENDAHULUAN
Untuk
membuka form GIGI klik menu Buka, kemudian pilih GIGI maka akan tampil form GIGI
seperti di bawah ini:
Langkah
– langkah mengisi form GIGI :
1. Klik
tombol ISI BARU
2. Klik
tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)
3. Panggil
pasien dengan speaker atau media yang disediakan
4. Jika
pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak
dilayani
5. Isi
kotak isian form GIGI secara lengkap :
a.
NO REG : no register pasien (jika pakai
antrian otomatis muncul)
b.
Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis
sesuai tanggal komputer hari ini)
c.
Bayar : cara bayar pasien (jika
pakai antrian otomatis muncul)
d.
Tempat : tempat pelayanan (didefault
INDUK) jika tidak pilih salah satu
e.
B/L : kunjungan pasien
(B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)
f. Kasus Ke :
kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama;
BK=bukan kasus)
g. UKS :
jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada
h. Konsul :
Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain;
Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)
i. Anamnese :
Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit
j. Pem. Fisik :
Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien
k. Penunjang :
Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien
l. Dx. Utama :
Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)
m. Tindakan :
Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul
n. Tx :
Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya
o. Rujuk ke :
ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk
p. Buat puyer :
ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan
q. Petugas :
ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan
6.
Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record
7.
jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/
8.
Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya
9.
Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form GIGI
B. Fungsi Tombol
di Form GIGI
1. Sakit Keluarga :
untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor
register yang diinginkan, contoh: 63006
2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat
penyakit dari pasien yang sedang dilayani
3. Kamus Diagnosa :
untuk melihat jenis diagnosa secara
lengkap dengan kodenya
4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris
5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat
6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya
secara lengkap
MODUL 4 : KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA)
A. PENDAHULUAN
Untuk
membuka form KIA klik menu Buka, kemudian pilih KIA maka akan tampil form KIA
seperti di bawah ini:
Langkah
– langkah mengisi form KIA :
1. Klik
tombol ISI BARU
2. Klik
tombol ANTRIAN (jika loket menggunakan antrian)
3. Panggil
pasien dengan speaker atau media yang disediakan
4.
Jika pasien yang masuk sudah sama dengan yang tampil form Antrian klik kotak
dilayani
5. Isi
kotak isian form KIA secara lengkap :
a.
NO REG : no register pasien (jika pakai
antrian otomatis muncul)
b.
Tanggal : tanggal pelayanan (otomatis
sesuai tanggal komputer hari ini)
c.
Bayar : cara bayar pasien (jika
pakai antrian otomatis muncul)
d.
Tempat : tempat pelayanan (didefault
INDUK) jika tidak pilih salah satu
e.
B/L : kunjungan pasien
(B=kunjungan baru; L=kunjungan lama)
f. Kasus Ke :
kunjungan kasus (KB=kasus baru; KL=kasus lama; KKL=kunjungan kasus lama;
BK=bukan kasus)
g. UKS :
jika Anak Sekolah pilih salah satu nama sekolah yang ada
h. Konsul :
Tidak=jika pasien berobat; Ya=jika pasien konsulan dari tempat pelayanan lain;
Program=untuk pasien program pemerintah (TB., dll)
i. Anamnese :
Ketikkan keluhan-keluhan atau gejala –gejala penyakit
j. Pem. Fisik :
Ketikkan hasil pemeriksaan fisik pasien
k. Penunjang :
Ketikkan hasil ct scan atau rongten yang dibawa pasien
l. Dx. Utama :
Ketikkan kode diagnosa maka nama diagnosa akan muncul (icd-x)
m. Tindakan :
Ketikkan kode tindakan maka nama tindakan akan muncul
n. Tx :
Terapi /pemberian obat ketikkan kode obat; aturan pakai & jumlahnya
o. Rujuk ke :
ketikkan tujuan rujukan pasien jika pasien yang dilayani dirujuk
p. Buat puyer :
ketikkan perintah pembuatan puyer jika diperlukan
q. Petugas :
ketikkan kode pin petugas yang telah diberikan
6.
Setelah selesai pengisian klik tombol SIMPAN untuk merekam record
7.
jika diperlukan mencetak resep klik tombol PRINT R/
8.
Klik ISI BARU untuk melayani pasien berikutnya
9.
Tutup Form Antrian kemudian Klik tombol keluar untuk menutup form GIGI
B. Fungsi Tombol
di Form KIA
1. Sakit Keluarga :
untuk membuka riwayat penyakit dalam 1 keluarga, dengan mengetikkan nomor
register yang diinginkan, contoh: 63006
2. Riwayat Penyakit : untuk melihat riwayat
penyakit dari pasien yang sedang dilayani
3. Kamus Diagnosa :
untuk melihat jenis diagnosa secara
lengkap dengan kodenya
4. ICD-X English : merupakan diagnosa icdx dalam bahasa inggris
5. Buka Form Lab : untuk membuka form laborat
6. Kamus Obat : untuk melihat jenis obat dan kodenya
secara lengkap
7. Kartu Ibu :
untuk membuka form Kartu Ibu
8. Kartu KB : untuk membuka form isian KB
9. Kartu Anak : untuk membuka form isian data dasar anak
MODUL 5 : IMUNISASI
Untuk menjalankan program
imunisasi harus membuka SIMPUSTA dulu kemudian ikuti langkah – langkah berikut
:
A. ENTRY DATA IMUNISASI
1. Setelah
menu utama Simpusta tampil, klik Menu Program, Pilih Imunisasi terlihat pada
gambar 1a
Gambar 1a
2. Ketik password pada kotak dialog Password Required,
kemudian klik OK, Gambar 2a
Gambar 2a
3. Untuk mengisi data Imunisasi Klik tombol BUKA
ISIAN IMUNISASI, Gambar 3a
Gambar 3a
4.
Setelah Muncul Form Isian Imunisasi Klik tombol ISI BARU(untuk mengisi data);
SIMPAN (menyimpan record); LOKET(untuk anak yang belum pernah mendapat
pelayanan); Klik kolom isian NO REG (masukkan nomor register); selanjutnya isi
kolom – kolom yang kosong sesuai data yang ada, jika ada anak panah pilihan
tinggal klik pilihannya tidak perlu mengetik sendiri Gambar 4a
Gambar 4a
5. Setelah data terisi penuh Klik tombol SIMPAN
(untuk menyimpan record), untuk mengisi data yang lain Klik Tombol ISI BARU,
jika sudah selesai Klik tombol KELUAR
B. MEMASUKKAN
DATA PENERIMAAN VAKSIN
1. Klik Tombol ISIAN VAKSIN MASUK pada menu
utama imunisasi, seperti pada gambar 1b
Gambar 1b
2. Klik tombol ISI VAKSIN MASUK untuk memulai
pengisian penerimaan vaksin. Gambar2b
Gambar 2b
3. Setelah selesai Klik tanda silang (X) di
kanan atas form isian
4. Untuk kolom Vaksin (tinggal dipilih); Penerima
(Pilih nama petugas Jurim)
C. MEMASUKKAN
DATA PENGELUARAN VAKSIN
1. Klik Tombol ISIAN VAKSIN KELUAR pada menu utama
imunisasi, seperti pada gambar 1c
Gambar 1c
2. Klik tombol ISI VAKSIN KELUAR untuk memulai
pengisian penerimaan vaksin. Gambar2c
Gambar 2c
3. Setelah selesai Klik tanda silang (X) di
kanan atas form isian
4. Untuk kolom Vaksin (tinggal dipilih);
DiberikanKepada (Pilih nama petugas Penerima vaksin, misal: Nama Bidan, atau
Perawat yang melaksanakan imunisasi)
1. Klik Tombol MUTASI DAN SISA VAKSIN pada menu utama imunisasi,
seperti pada gambar 1d
Gambar 1d
2. Setelah seperti gambar 2d muncul maka Ketik Tanggal mulai dan
selesai pelaporan dan pilih Nama Vaksin yang akan dilihat, selanjutnya klik OK
Gambar 2d
3. Setelah selesai untuk menutup form Klik tanda silang (X) di kanan
atas form isian
F. LAPORAN
PWS IMUNISASI
1. Buka File PWS IMUNISASI di folder
D:SimpustaExcel...;
2. Setelah kotak dialog security warning Klik
Enable Macros
3. Klik Sheet SETTING kemudian ganti tahun, isi
Nama Desa Sesuai dengan wilayah kerja puskesmas, Target Bayi dan WUS, selain
wilayah kerja ketik DESA....(sesuai nomor urut dibawahnya), kemudian keluar,
seperti Gambar 1f
Gambar 1f
4. Klik Tombol PWS KONVENSIONAL pada menu utama
imunisasi, seperti pada gambar2f
Gambar 2f
5. Tunggu proses, setelah seperti gambar 3f
muncul maka Klik YES
Gambar 3f
6. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar
4f selanjutnya klik “Enable Macros”
Gambar 4f
7.
Klik Sheet Bulan yang diinginkan, untuk melihat laporan PWS bulanan
Misal : 8, seperti Gambar 5f
Gambar 5f
8. Untuk membuat Grafik Klik Sheet bulan yang diinginkan,
misal: 8 kemudian tekan tombol keyboard Ctrl + Shift + G, maka akan terlihat
hasilnya seperti gambar 6f
Gambar 6f
G. LAPORAN
CAKUPAN IMUNISASI PERDESA
1. Klik Menu Laporan; Pilih Data Imunisasi
Perdesa, Klik antigen yang ingin dilihat cakupannya, Misalnya : BCG seperti
terlihat pada gambar 1g
Gambar 1g
2. Setelah seperti gambar 2g muncul maka Ketik
Nama Desa dan selanjutnya Klik OK
Gambar 2g
3. Kemudian akan muncul kotak dialog pengisian tanggal
laporan seperti Gambar 3g dan gambar 4g maka ketikkan tanggal mulai dan sampai,
selanjutnya klik OK
Gambar
3g Gambar
4g
4. Setelah itu akan muncul hasilnya, dan jika
selesai klik tanda silang (X) kanan atas form
H. PEMETAAN
IMUNISASI
1. Klik Tombol PWS GEO MAPPING pada menu utama imunisasi, seperti
pada gambar 1h
Gambar 1h
2. Setelah seperti gambar 2h muncul maka Ketik
Tanggal mulai dan selesai pemetaan, kemudian klik tombol nama antigen yang
diinginkan.
Gambar 2h
3. Maka akan hasilnya terlihat seperti gambar
3h, apabila ingin mengetahui secara detail datanya dari jumlah masing-masing
desa yang muncul tinggal diKlik saja.
Gambar 3h
1. Klik Tombol GOLDEN STANDARD IMUNISASI pada menu utama imunisasi,
seperti pada gambar 1i
Gambar 1i
2. Setelah seperti gambar 2i muncul maka Ketik Tanggal lahir mulai,
kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.
Gambar 2i
3. Maka akan muncul hasilnya berupa grafik lingkaran.
4. Jika ingin melihat valid dose klik Tombol GOLD STANDAR DAN VALID
DOSE PER ANAK ikuti prosesnya maka akan kelihatan hasilnya.
J. DO
SASARAN IMUNISASI
1. Klik Tombol ANTISIPASI DO IMUNISASI pada menu
utama imunisasi, seperti pada gambar 1j
Gambar 1j
2. Setelah seperti gambar 2j muncul maka Ketik
Tanggal lahir mulai, kemudian klik tombol nama antigen yang diinginkan.
Gambar 2j
3. Maka akan muncul daftar imunisasi secara rinci
seperti gambar 3j
Gambar 3j
4. Data diatas dapat digunakan untuk sweeping
imunisasi
MODUL 6 : APOTEK
A. PENDAHULUAN
Untuk
membuka form Apotek klik menu Buka, kemudian pilih APOTEK maka akan tampil form
APOTEK seperti di bawah ini:
Langkah
– langkah mengisi form APOTEK :
1. Klik
tombol ANTRI OBAT
2. Panggil
pasien jika data sesuai dengan form (jika loket menggunakan antrian)
3. Klik
tombol dilayani/diobati
4.
Ketikkan nama petugas, kemudian berikan obat sesuai dengan yg ada di form
5.
Klik kotak yang ada di tombol KLIK SETELAH DIBERI OBAT
6.
Jika obat tidak tersedia konsultasikan kembali dengan dokternya
B. Fungsi Tombol
di Form APOTEK
1. Pasien Berikut :
untuk melayani pasien nomor urut berikutnya
2. Resep yang belum diberi : untuk menampilkan pasien
yang belum diberi obat
3. Cetak resep :
untuk mencetak resep sesuai dengan form
yang tampil
4. Stok Keluar :
untuk melihat berapa obat yang dikeluarkan perhari
LAPORAN
Klik
ikon Laporan pada tampilan SIMPUSTA, maka akan diperoleh tampilan seperti di bawah
ini, selanjutnya anda tinggal memilih menu yang ada.
Di bawah ini adalah tampilan
10 besar penyakit gakin. Selanjutnya arahkan mouse ke button yang diinginkan
Isikan bulan
dan tahun yang diinginkan OK, maka terlihat hasilnya seperti dibawah ini
Ulangi pada ikon/button
sesuai kebutuhan data yang akan dimanfaatkan oleh user maupun stakeholder. Jika
data yang dibutuhkan tidak muncul maka bisa didesign query tersebut oleh
operator puskesmas atau tenaga yang memiliki ketrampilan untuk hal tersebut.
PETUNJUK PEMBUATAN LAPORAN OBAT
A. MEMBUAT LAPORAN LPLPO DAN PERESEPAN
LPLPO singkatan Laporan Pemakaian
dan Laporan Pengeluaran Obat dan Hitung Resep terdapat formula macro, oleh
karena itu supaya macro bisa dijalankan, langkah yang harus dilakukan
sebelumnya adalah sebagai berikut:
Buka Microsoft Excel
Klik Tools à Macro à Security à pilih Medium
Klik OK.
Tutup
Microsoft Excel, setelah itu Microsoft Excel siap untuk menjalankan Macro.
LANGKAH -
LANGKAH MEMBUAT LAPORAN LPLPO
1. Buka
Laporan pada Halaman Depan SIMPUSTA
a. Klik Penyakit, Obat
dan Karcis
b. Klik
Tombol Total Obat Keluar
2. Perhatikan kotak dialog peringatan baca dengan
seksama setelah selesai, Klik OK
3. Jika muncul kotak dialog di bawah ini klik Yes
4. ISI RENTANG WAKTU YANG DIKEHENDAKI
Tanggal Awal Tanggal
Akhir
5. Kemudian Klik File OBAT_KELUAR_TOTAL,
Klik
Sheet ”Obat_Keluar” selanjutnya tekan tombol Ctrl+Shift+S
6. Klik kanan pada Range Jumlah di Sheet
”DATA_LPLPO” di file Obat_Keluar_Total
7. Kembali ke Ms. Access, dengan cara klik
pilihan di Status Bar bawah seperti di gambar. Kemudian pilih APL4: Form
8. Klik tombol pilihan LPLPO TOTAL, ikuti proses
selanjutnya
9. Klik sheet bulan tertentu, klik kanan pada
baris awal Pemakaian Dalam”
10. Pilih Paste Spesial, Value
Catatan Penting !!!
1. Mohon stok obat diisikan pada Sheet bulan Januari dimana data tersebut
berasal dari sisa Akhir pada bulan terakhir !! ( Misalnya sesuai contoh: Sisa
Akhir Bulan April pada LPLPO yang lama,
dipindah sebagai Stok Awal di bulan Januari LPLPO yang Baru ).
2. Bila mendapat obat dari GFK, maka pada kolom
”Pemberian” LPLPO harus diisi sesuai
sumber asal obat, misalnya ASKES/DAU/JPKMM/PJKMM,BUFER/PROGRAM , karena
angka tersebut akan menjadi
penerimaan pada bulan berikutnya.
3. Untuk
mengisi Jumlah Cara Bayar lihat di File Obat_Keluar_Total
B. MEMBUAT LAPORAN LB1
1.
Klik Tombol Penyakit, Obat dan Karcis
2.
Setelah muncul form berikutnya Klik “LB1 LENGKAP”
Output yang dihasilkan ini baru menghasilkan total
kasus kesakitan (LB1), belum dirinci menurut Kasus Baru, Kasus Lama, Kasus
Lanjut
3.
Isi rentang waktu
yang dikehendaki
Tanggal mulai
Tanggal akhir
4.
Maka akan muncul hasil LB1 sesuai batasan tanggal
Langkah yang sama seperti diatas harus dilakukan
untuk membuat laporan bulan berikutnya
Untuk kebutuhan analisis lain bisa dilakukan
menggunakan MS excel, dengan cara mengeksport report dari MS Acces, untuk
jelasnya lihat gambar di bawah ini
.
Ketik nama file, pilih type file lalu klik export,
maka akan diperoleh file MS excel seperti di bawah ini
Selanjutnya kode penyakit diurutkan dengan cara
menempat kursor pada A2 lalu klia sort A-Z, maka akan diperoleh sheet di bawah
ini
cecep ivan dwi nurcahyo
ReplyDeleteS1 keperawatan IB
salam super pak....
terimakasih atas materi tentang SIMPUSnya pak.....
Galuh Chrismawati
ReplyDeleteS1Kep IB
Terimakasih atas infonya pak..
Lusiana dwi wulandari
ReplyDeleteS1 keperawatan IB
terimakasih atas tugasnya pak .....
Ary Novitasari
ReplyDeleteS1 Keperawatan IB
Terima kasih pak atas materinya .
Galih Satrio
ReplyDeleteS1 keperawatan IB
Keren materinya pak.. Good job..
Oky Cakra. M.
ReplyDeleteS1Kep 1B
Terimakasih pak
umi hanik
ReplyDeletes1 kep Ib
terima kasih atas materinya
Yusuf Abdillah
ReplyDeleteS1 Keperawatan 1B
sebelumnya terimakasih pak atas materinya.
Saya ada pertanyaan pak
pak apakah simpus bisa dilakukan di tulungagung
Riana Kurnia Ningtiyas
ReplyDeleteS1 Keperawatam IB
Terima kasih pak atas materi yang disampaikan.
Sekarang semuanya serba moderen. sampai membuat laporan saja sudah ada program nya !!!!! Perpaduan managemen dan teknologi.
fahrul dwi saputro
ReplyDeletes1 kep IB
.,sangat membantu pak
bsok mohon langsung di praktekkan agar teman-teman bisa lebih paham .
terima kasih .
IVAN YUFIANDI HANYANTO
ReplyDeleteS1 KEP 1B
terimakasih materinya pak
INDAH ROHANA
ReplyDeleteSI B
trimakasih atas materinya ..
Widha Desy Puspitasari
ReplyDeleteS1 Kep IB
Terima kasih atas materinya pak. Proses manajemen akan semakin efektif krn dpt mengurangi kesalahan.
Imro'atus Solekah
ReplyDeleteS1 Kep / 1B
Terima kasih pak atas materi yang modern ini, smapai membuat laporan begitu modern dan proses manajemennya sangat efektif.
indo ardeka nurdin p
ReplyDeleteSI kep / IB
terima kasih pak atas materinya.
VITRI YULITASARI
ReplyDeleteS1 KEP. IB
Terimakasih pak atas materinya.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNuril Latifiani
ReplyDeleteSI Kep. IB
Terimakasih pak atas materinya.
Reza Yulia K.S.
ReplyDeleteS1 Kep. IB
terimakasih materinya pak.
Lya ayu debitasari
ReplyDeleteS1 Kep IB
Terimakasih atas materi yang bapak berikan. Dengan ini proses manajemen akan semakin modern dan efektif tentunya.
MUHAMMAD AKHWANUDIN
ReplyDeleteS1 KEP. 1-B
Dengan adanya SIMPUSTA... sangat membantu para institusi puskesmas...khususnya di tulungagung.. baik di tingkat desa maupun kecamatan...terima kasih
WIDIA KUSUMA WARDANI
ReplyDeleteS1 KEPERAWATAN B
terima kasih atas materinya pak
nanda selvia
ReplyDeleteS1 kep B
terimaksih atas materinya pak. simpus ini sangat membantu serta memudahkan instansi kesehatan yang ada di tulungagung .
Zakqi Aditya Permadi
ReplyDeleteS1 Kep 1-B
Terima kasih pak atas materinya .
ENDRIK SETIAWAN
ReplyDeleteS1 KEPERAWATAN 1B
terima kasih pak ,,
sangat membantu untuk proses pembelajaran kami,..
INTAN FRISCA RISTANTY
ReplyDeleteS1 KEPERAWATAN B
terimakasih pak atas materinya
NILLA CHORNIA ERENTHA
ReplyDeleteSI KEPERAWATN B
terimaksih pak materinya
Disma Liyana Dewi
ReplyDeleteS1 Keperawatan Tk IB
Terima kasih pak untuk Materi SIMUSTA
AGNES AYU AMARDIKA
ReplyDeleteS1 Kep IB
terimakasih pak atas materi SIMUSTAnya
DHATU KALVIKA SARI
ReplyDeleteS1 KEP 1A
terimakasih pak infonya
Muhammad Reza Pratama
ReplyDeleteS1 Keperawatan 1A
terimakasih atas materinya pak
Diah Retnowati
ReplyDeleteS1 Keperawatan 1A
untuk menambah pengetahuan tentang teknologi di bidang kesehatan perlu share materi lagy pak,biar semua tahu dan ngerti.
terimakasih
Melisa Suryaningrum
ReplyDeleteS1 Keperawatan I-A
Terimakasih infonya
Nanda Regina Meiningtyas
ReplyDeleteS1 Keperawatan I-A
Terimakasih materinya pak.
Erni Wijayanti
ReplyDeleteS1 Keperawatan I-A
Terimakasih materinya pak.
Alif Yusril H E
ReplyDeleteS1 Keperawatan I-A
Terimakasih materinya pak.
Okky Fajar Bayu
ReplyDeletes1 kep 1-A
saya sudah membaca materinya.. terimakasihh.
Heni Arif Prabowo
ReplyDeleteS1 Keperawatan I-A
Terimakasih infonya pak.
Gomas tiyo E S
ReplyDeleteS1 kep 1-A
Terimakasih materinya Pak
Alfi Agustin
ReplyDeleteS1 Kep IB
terimakasih pak materinya
Yayuk wahyuti
ReplyDeleteS1 kep IA
pak ini email saya yayukwhyu@gmail.com
terima kasih materinya
Asesia Cipta Mainitasari
ReplyDeleteS1 Keperawatan 1A
Terimakasih pak atas materi yang telah diberikan :)
Nama : Aurita Puji Lestari
ReplyDeleteKelas : S1 Keperawatan 1-A
terimakasih pak atas materi yang diberikan .
Nike Oktavia senja
ReplyDeleteS1 kep IA
terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
, tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
Terimakasih pak..
Eri aptisa dini wijayanti
ReplyDeleteS1 kep IA
terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
, tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
Terimakasih pak..
NAMA:DEA OSELLA
ReplyDeleteKELAS: S1 KEPERAWATAN 1A
ABSEN: A2R14007
PAK MATERINYA SANGAT BERMANFAAT,SAYA SUKA-SAYA SUKA.
PAK KEMARIN SAYA SUDAH KOMEN LO TAPI KOK DISURUH PERBAIKAN,SEKARANG KOMEN LAGI. MAKASIH PAK...........
ilma ainushofa
ReplyDeleteSI KEPERAWATAN IA
Materinya sangat bagus pak,terima kasih
Evania Dyita Hastuti
ReplyDeleteS1 Kep IA
Terimakasih atas materi SIMPUS pak
sangat membantu dan menjadi tau tentang penggunaan SIMPUS yang modern ,
Nama : DIAH PRATIWI RACHMAWATI
ReplyDeleteKelas : S1 KEPERAWATAN 1A
NIM : A2R14012
TERIMAKASIH ATAS MATERI YANG DISAMPAIKAN DI BLOG INI.. BISA MEMBANTU DAN BERMANFAAT TENTANG SIMPUS ...
Trisna Silvia Devi
ReplyDeleteS1Keperawatan 1A
Terima kasih pak materinya bermanfaat
dessty nurlita putri
ReplyDeleteS1 Keperawatan IA
Terimakasih tentang materi SIMPUSTA sangat menambah wawasan buat saya
Nama : Eka septa iswanti
ReplyDeleteS1 Kep IA
terimakasih atas informasinya pak
semoga bermanfaat
Nama : Debby Elysa
ReplyDeleteKelas : SI kep. I-A
Terimakasih pak atas materinya,
nama : Niken Kiswari Widiasri
ReplyDeleteProdi : S1 kep IA
terimakasih pak materinya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya
NORA ANGGI PUSPITA
ReplyDeleteS1 kep 1A
Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
Terimakasih.
Nama : Riski Afandi
ReplyDeleteKelas : SI kep. I-A
Terimakasih pak atas info dan materinya,
handa fuadiyah
ReplyDeleteS1 kep 1A
MAKASIH INFONYA PAK
EMA DWIJAYANTI
ReplyDeleteS1 KEPERAWATAN 1A
Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
Terimakasih.
Nama : Novia Nastasya Devi
ReplyDeleteKelas : S1 kep 1B
Terimakasih pak untuk materinya :)
Andika arda prastya
ReplyDeleteS1 keperawatan 1/A
Absen 02
Sebelumnya saya tdk bgtu mengerti simplus..dg membaca ini kurang lebihnya jadi sedikit mngerti..trimakasii atas informasi dri bpk sajimin...
Muhamad Fahrul Amin
ReplyDeleteS1 Keperawatan I-A
Terimakasih infonya pak.
Terima kasih pak Sajimin atas materi yang di berikan.. lebih jelasnya bapak bisa terangkan di kelas.. terimakasih dan daopatr bermanfaat amin,,
ReplyDeleteEga arsita
ReplyDeleteS-1 Keperawatan 1-A
terima kasih pak informasinya
sangat bermanfaat
erita purnamintari
ReplyDeleteS1 keperawatan 1A
terimakasih pak infonya sangat bermanfaat
nama widia suci tk 1a
ReplyDeleteterimakasih pak atas materinya
elvina yhonni r
ReplyDeleteIB
terimakasih pak
Wahyu Sulistio
ReplyDeleteS1 keperawatan 1B
Terima Kasih materi pembelajarannya pak
Haris Jauhar Alifi
ReplyDeleteS1 keperawatan 1A
Terimakasih pak atas materinya, tpi menurut saya materi bapak terlalu sinkat jadi mohon di jelaskan di pertemuan selanjutnya.
nama : faiz ilhami
ReplyDeletekelas : IB
"Terimakasih atas materinya Pak"
Nurma lita sari
ReplyDeleteS1 keperawatan 1-A
terimakasih pak informasi materinya..
MUHAMMAD IKHWANUDIN
ReplyDeleteSI KEPERAWATAN IA
Terimakasih atas informasi materinya pak.