Monday 17 September 2012

Electronic Mail

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau jika dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Seperti layaknya surat biasa pada umumnya, email berfungsi untuk mengirimkan surat atau pesan kepada orang lain.
Perbedaan anatara surat biasa dengan email adalah email sudah tidak lagi membutuhkan kertas sebagai media untuk menuliskan pesan, media yang di gunakan adalah berupa Data digital yang di kirimkan melalui internet.

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :

WebMail
Webmail adalah situs atau website yang menyediakan fasilitas Email. Beberapa Website yang menyediakan email gratis :
• Google mail (gmail)
• Yahoo mail
• Dan lain-lain


Email Adress / Alamat Email
Email Adress / Alamat Email adalah alamat yang kita dapat ketika membuat suatu email pada website penyedia email. Contoh alamat email hya@yahoo.com
umi@gmail.com

MailBox
Mailbox ini di ibaratkan kotak surat pada umumnya, jadi apabila ada kiriman dari orang lain, maka surat tersebut akan masuk ke dalam mailbox atau kotak surat.

CC atau BCC
CC (Carbon copy), BCC (Blind Copy) adalah sama dengan tembusan. Jadi apabila anda mau mengirim surat ke lebih dari satu orang, maka masukan alamat yang lainnya ke dalam CC.


Email Client
Email Client adalah tools atau software mempermudah dalam mengatur email. Dengan software email client anda tidak login ke situs penyedia email namun langsung di download ke Komputer anda melalui software tersebut. Contoh software email client : 
• Microsoft Outlook Express 
• Thunder bird 
• Dan lain lain

30 comments:

  1. nama : shohibul fawaaid
    prodi : s1 keperawatan
    tingkat : 1A
    no. abs : 39

    saya mauntanya pak, kenapa dalam mengirim email kapasitas file nya hanya di batasi max 512 kb, dan tidak bisa terkirim bila lebih dari itu ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. nama : ahmad safi'i
    prodi : s1 keperawatan tingkat :1B
    no : 03
    saya mau bertanya, kenapa setiap alamat email sllu di akiri dgn @yahoo.com/@gmail.com ??
    trima kasih

    ReplyDelete
  3. nama: doni santoso
    prodi: s1 keperawatan
    tingakt: 1 B
    no.apsen: 14

    pak saya mau tanya ,perbedaan atara microsoft outlook express dengan thunder bird ?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Nama : Nabilla Mayasari
    No : 31
    Prodi : S1 Keperawatan 1B

    Saya mau bertanya pak, apa contoh software email client selain yg disebutkan di atas pak ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  5. nama : Malyndia Kurnianita
    prodi : s1 keperawatan
    tingkat : 1B
    no. urut : 27

    saya mau tanya pak , apa kelemahan dari email pak ? terimakasih

    ReplyDelete
  6. Apa kelebihan dari penggunaan email pak? terimakasih

    Elisa Nurmahida(S1 Keperawatan 1B / 15)

    ReplyDelete
  7. Nama : Rizky Fadhila Zunnuroin
    Prodi : S1 Keperawatan (1B)
    No.absen : 40

    Saya mau bertanya pak, Bagaimana jika saya tidak mengaktifkan akun email saya, apa bisa bermasalah?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  8. Nama: Novia Dwi Lestari
    Prodi: S1 Keperawatan 1B
    No absen: 34


    saya mau bertanya pak? Mengapa dengan software email client tidak login ke situs penyedia email namun langsung di download ke komputer melalui software? TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama : Ikke Widya Saraswati
    Prodi : S1Keperawatan 1b
    No Absen :19

    Saya mau bertanya apa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan mailbox?Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Nama : Riski Ahmad Riyadi
    Prodi : S-1 Keperawatan 1B
    No : 39

    Saya mau tanya, bagaimana mengembalikan akun Gmail yang lupa kata sandinya ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  12. nama:diah khurnia sarwati
    prodi:S1keperawatan 1(B)
    no.absen:11
    Pak,maaf saya mau tanya, kelebihan E-mail kan mempercepat kita untuk mengirim pesan, namun e-mail juga tergantung dengan jaringan, pak ,apa saja kelemahan dari E-mail ,pak?
    Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  13. Nama : Bella Eka Lestari
    Absen : 09
    Prodi : S1 keperawatan 1B
    Pak saya mau tanya , apakah email dapat dikirimkan ke pengguna di seluruh dunia sampai ke pelosok dengan mudah ?

    ReplyDelete
  14. Nama :Faiz Aji Tantoko
    Prodi :S1 Keperawatan
    Tingkat :IB
    No :16

    Pak Saya mau bertanya,apa manfaat menggunakan Webmail dalam kehidupan sehari hari? sekian Terima Kasih Pak.

    ReplyDelete
  15. Pak saya mau tanya, apa beda dari gmail dengan ymail ? dan apakah yahoo merupakan bagian dari google juga ? Terima Kasih.

    Nama : Rizma Namsasapta S.
    Prodi : S1 Keperawatan tk. 1 B
    No. absen : 41

    ReplyDelete
  16. Nama: RIKO ADITYA RIZALDI
    PRODI: S1 KEPERAWATAN 1B
    NOMOR: 37

    Pak saya mau tanya apa tujuan oleh penemu email saat mau membuat emai?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Vasal Assyrad
      Prodi : S1 Ilmu Keperawatan
      Tingkat : 1B
      No. : 49

      Pak saya mau tanya, siapakah orang yang pertamakali penemu/membuat Email ?

      Delete
  18. Nama : Muhamad Nur Rohman
    No Absen : 30
    Prodi : S1 - Keperawatan
    Tingkat : I - B

    Pertanyaan :
    Setiap Negara kan mempunyai ccTLD Sendiri-sendiri. Misalnya Negara kita Indonesia mempinyai ccTLD .Id

    Nah.. Apa Kelemahan Jika Kita yang berada di negara Indonesia memakai Email Daerah lain misal, Italia dg ccTLD .it ataupun canada dg ccTLD .ca ??

    Sekian dan Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Pak saya mau tanya...kalau sebuah Email lama tidak dipakai/dibuka, apa bisa kadaluwarsa terus tidak bisa dibuka lagi ?

    Nama : Leiyin Ekawati
    Prodi : S1 Keperawatan 1B
    No. Absen : 24

    ReplyDelete
  20. Pak, saya mau tanya
    Bagaimana cara mendapatkan sotfware email client dan bagaimana cara mendownload ke komputer melalui software tersebut?

    Terima kasih

    Nama : Rima Dwiky Puspita Devi
    No.absen : 38
    Prodi : s-1 Keperawatan

    ReplyDelete
  21. Nama : dimas fajar prayogo
    Prodi : S1 keperawatan
    Tingkat 1B
    No.absen : 12

    Pak mau tanya ...kekurangan dan kelebihan dari microsoft outlook express dan thunder brid itu apa aja ...
    Sekian terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Nama : Dwi Novita Anjani
    Prodi S1 Keperawatan
    Tingkat 1 B
    No absen 14

    Disini saya kurang jelas dengan pejelasan tentang BCC pak... mohon di perjelas lagi .. apa guna dari BCC itu ..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Nama:Himawan setyo
    Prodi:S1 keperawatan 1(B)
    No.Absen:18

    Pak ,saya mau tanya .Email atau surat(lewat pos )aman manakah, privasinya? dan bagaimana tipsnya agar masyarakat sekarang ini mau menggunakan Email untuk mengirim surat?
    terimakasih pak.

    ReplyDelete
  24. Nama : Agung triyono
    Prodi : S1 Keperawatan lB
    No : 2

    Pak saya mau bertanya jika salah memasukan alamat CC/BCC apa ada kesalahan dalam pengiriman?? terimakasih pak

    ReplyDelete
  25. Nama :kusnul roviana
    Prodi : Sl kep 1b
    Pak saya mau tanya apa pengertian dari microsoft outlook exprees dan thunder bird ?

    ReplyDelete
  26. Nama: Candra febri wiyono
    prodi: s1 kep 1b
    Pak saya mau tanya apa penyebab pengiriman file lewat email gagal atau tidak terkirim ?

    ReplyDelete
  27. Nama : Imam Wahyudi
    Prodi : S1 Keperawatan
    Tingkat : 1 B
    No absen : 20
    Pak saya mau tanya bagaimana cara mengirim CC atau BCC ?

    ReplyDelete
  28. Nama : Lailla Wulan Yanuari
    Prodi : S1 Keperawatan
    Tingkat : 1B
    NO : 23
    Pak saya mau tanya, apakah email itu memiliki masa aktif ? Jika iya, berapa masa aktifnya itu ? Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Nama:vitri arinawa kusnita
    prodi:s1 keperawatan
    tingkat:1b
    no: 43
    pak saya mau tanya kenapa email susah di buka padahal alamat gmail dan pswd sudah benar?

    ReplyDelete