Monday 5 November 2012

Search Engine


Search Engine atau mesin pencari adalah merupakan sebuah program komputer yang digunakan untuk menemukan file-file atau topik tertentu dengan kriteria. Untuk dapat lebih memahami ini bisa kita pelajari materi yang di peroleh dari wiki, sebagai berikut:
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
::Daftar Mesin Pencari::Daftar Puskesmas::Daftar Rumah Sakit::Daftar Apotek::
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

124 comments:

  1. Trimakasih untuk informasinya =)

    _Fidta Tk 1A (H.A.D.I.R)

    ReplyDelete
  2. mesin pencarix apa harus memakai WWW, pak?

    denindar.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. kalau bisa,, minggu depan bisa di terangkan lebih detil ya pak,,??
    terimakasih

    ReplyDelete
  4. pak apa kelemahan dari search engine itu ????????
    terima kasih pak

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Search engine itu apa cuman bisa digunakan untuk menemukan file* sprti servr umum di web (www) yang disimpan dalm komputr pak ? apakah slain servr umum diweb bisa dilihat mnggunakan search engine dlm komputr pak ?
    trimakasih pak...

    ReplyDelete
  7. materi Search Engine kuranmg detail !!!!!

    ReplyDelete
  8. terima kasih pak informasinya

    ReplyDelete
  9. protokol atau area lainnya yang tidak dapat merujuk kepada mesin pencari itu, contohnya apa saja pak?

    makasih pak...

    ReplyDelete
  10. thanks, it's very very good sir.....

    ReplyDelete
  11. terima kasih pak informasinya

    ReplyDelete
  12. maaf pak saya kurang memahaminya
    mohon dijelaskan saat tatapmuka
    terimakasih


    http://aricksuciani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. maaf saya kurang mengerti dalam mata kuliah ini.karena penjelasan di atas kurang detail.mohon di jelaskan langsung pada saat tatap muka.

    ReplyDelete
  14. Direktori web itu apa Pak?
    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  15. informasinya sangat bermanfaat,,

    ReplyDelete
  16. pak apa keuntungan dari search engine tersebut

    ReplyDelete
  17. terimakasih bapak penambahan materinya

    ReplyDelete
  18. Maaf pak materi di atas saya masih belum paham, mungkin bisa lebih di jelaskan pada saat tatap muka minggu depan :)

    http://maryasusana.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. maaf pak,apa perbedaan mesin pencari dengan direktori Web?
    tolong djelaskan ya pak?

    http://riaekiwidyastuti.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. maaf pak,sayang kurang mengerti dengan materi ini.

    ermayunitasari.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. terima kasih pak.atas materinya.

    artisakristi14.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. GOOD POST


    http://novan17-manutd.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. NAMA : NOVAN ZUHRI PURNOMO
    KELAS : IA

    Kalau menurut saya search engine itu bagus...tetapi masih belum sempurna.karena saya kalo mencari informasi kadang masih sulit menemukan informasi yang saya cari itu . tapi ya alhamdullilah apabila tidak ada search engine mungkin tambah sulit mencari informasi. terima kasih atas postingannya good post

    ReplyDelete
  24. saya mau sedikit membagi info , permisi

    Macam – macam Search Engine Di Indonesia:

    1. AskSEMAR.com
    telah launching sejak januari 2009, sebuah situs search engine baru dengan nama AskSEMAR.com, saat ini kontent yang mereka tampung adalah kontent website-website indonesia.Untuk memasukan website kita pun mudah tanpa perlu mendaftar mirip dengan mbah google, mbah semar ini pun punya tampilan yang sederhana untuk mempermudah pemakaiannya.Bagi para webmaster gratis masukan alamat website anda ke http://www.AskSEMAR.com
    2.detikSearch.com
    detiksearch.com, search engine ini asli dimiliki oleh Indonesia. Levelnya masih beta tapi dilengkapi dengan script ajax (javascript). dan karena levelnya yang masih pada level beta, search engine ini hanya berfungsi optimal di Mozilla dan Internet Explorer.
    3. CANGKOK.com
    Cangkok mempunyai arti memperbarui, mengganti, serta mengkombinasikan segala sesuatu sehingga menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.Digunakan kata “Cangkok” sesuai dengan komitmen sosial beberapa perusahaan yang tergabung dalam Singo Group Co., yaitu turut aktif mencerdaskan dan meningkatkan kehidupan Bangsa Indonesia.
    Cangkok berusaha memberikan hasil pencarian yang terbaik di internet, khususnya hasil pencarian dalam Bahasa Indonesia. Cangkok, membuat mesin pencarian terbesar di Indonesia, dengan teknologi pencarian terbarukan menempatkannya pada posisi yang jauh berbeda dengan mesin pencarian yang tersedia saat ini. Dan berusaha terus-menerus dikembangkan, sehingga dapat memberikan hasil pencarian yang benar-benar relevan dengan keinginan pemakai.
    Saat ini sedang dikembangkan sistem direktori yang nantinya akan dikombinasikan dengan teknologi pencarian cangkok. Sehingga dapat memberikan beberapa alternatif hasil pencarian yang benar-benar sesuai dengan keinginan pemakai.
    Metode siterank cangkok menempatkan informasi-informasi yang paling relevan akan ditampilkan dahulu. Cangkok menilai pentingnya infomasi pada halaman web, tidak hanya berdasarkan perolehan suara yang diperoleh, juga tidak hanya dari hasil analisis terhadap si pemberi suara (yang ngeklik). Namun juga menganalisis keterkaitan antar kata, antar kalimat, sruktur web, antar halaman web, baik dalam web terkait maupun dengan web lainnya. Sedemikian rupa sehingga informasi yang terkandung dalam web tersebut memperoleh peringkat yang sesuai dengan relevansinya.
    Sesuai dengan teknologi pencarian cangkok yang otomatis dan kompleks serta metode siterank tersebut, maka pencarian di cangkok adalah pencarian yang obyektif, jujur, dan berkualitas tinggi. Sehingga hasil peringkat suatu web tidak dapat direkayasa oleh manusia. Serta tidak seorang pun dapat membeli peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian.
    4. nowGoogle.com
    nowGoogle.com adalah multiple search engine popular hasil karya anak Indonesia yang baru dan mempunyai kemampuan yang unik.
    5.Basigi
    Basigi merupakan mesin pencari dengan tampilan yang masih sangat sederhana. “Pengembang Basigi mendesain Basigi untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal,” begitu admin Basigi menulis dalam situs tersebut.

    ReplyDelete
  25. Nama: Ahmad Priyanto
    Kelas: S1 Tingkat IA

    Materi search engine ini lumayan bagus pak. Namun, menurut saya kurang lengkap karena tidak disertakan macam-macam dari search engine itu sendiri. Bapak juga bisa menambahkan juga seberapa besar penggunaan search engine ini bagi masyarakat luas. Dengan begitu isinya tidak hanya pengertian saja namun juga menyangkut perkembangan penggunaannya.
    Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  26. NAMA : RICO DIAN ARINDA
    KELAS : 1A

    kalau menurut saya search engine itu alhamdulillah baik, bagus.
    makasih pak atas informasi yang telah diberikan.

    ReplyDelete
  27. Nama : Arbi Batara Pinayungan
    Kelas : 1A

    Terima kasih pak Sajimin atas informasinya. Tapi menurut saya penjelasannya kurang pak, dan mohon untuk pertemuan selanjutnya bapak bisa menerangkan materi tersebut di kuliah. Dan saya mau menambahkan pak, satahu saya yang namanya search engine itu seperti google atau yahoo search gitu pak, tapi mohon maaf jika saya salah.
    Mungkin cukup segitu saja pak komentar saya, Terima kasih

    ReplyDelete
  28. nama ;Dagna prasetia
    kelas;s1 tk IA

    terima kasih informasinya pak...

    ReplyDelete
  29. Nama : Mohamad Jamal Jainudin
    Kelas : S1 Tingkat 1A

    Tolong materinya ditambah agar lebih paham. Terima kasih.

    ReplyDelete
  30. Nama : Joko Trisula
    Kelas : 1A

    terimakasih pak atas infonya, tpi menurut saya info bapak terlalu minim, alangkah baiknya kalau besok selasa bapak masuk dan menjelaskan secara rinci. terimakasih

    ReplyDelete
  31. Terimakasih Pak atas materinya. Tapi maaf Pak sebelumnya, menurut saya informasi yang disampaikan Bapak tentang materi ini belum lengkap. Kalau bisa saat pertemuan di kelas minggu depan Bapak memberikan tambahan penjelasan lagi tentang materi ini supaya kami semua semakin paham.
    Saya juga mau bertanya Pak, apakah search engine memiliki kelemahan ? Karena dalam penjelasan Bapak hanya disebutkan keunggulannya saja. Terimakasih Pak......

    ReplyDelete
  32. Nama : Wisnu Tri Suharno
    Kelas : S1 Tingkat 1A

    Terimakasih atas Info yang telah di sajikan ,,,,Tapi menurut saya materi yang di sajikan terlalu sedikit.... ada beberapa hal yang masih belum saya mengerti ,,,,
    Pak saya juga mau tanya kenapa saat kita menggunakan search engine kata kunci yang di gunakan didahului denga www dan di akhiri .com / .id .... terus yang membedakan antara .com dengan .id itu apa pak ,,, ?

    ReplyDelete
  33. saya Riska Nur F dari IA, terimaakasih atas materinya , yang menambah pengetahuan saya...

    ReplyDelete
  34. Nama:Vera oftianingtiyas
    Kelas:1A
    terimakasih pak atas materinya

    ReplyDelete
  35. NAMA : ERNING PUSPITA ARI FANANI
    KELAS : S-1 KEP TK.IA

    terimakasih atas materi yang bapak postingkan, dan apa kelemahan dari search engine itu sendiri ?

    ReplyDelete
  36. Nama :Wenny Wulandari
    Kelas : 1A /S1

    Terimakasih atas materinya pak,.menurut saya dengan adanya search engine sangat mempermudah dan membantu saya dalam menemukan sebuah informasi yang saya cari diinternet melalui search engine ini,.

    ReplyDelete
  37. KELEBIHAN (+)

    Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
    lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
    Tampilan yang sederhana.
    Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
    Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

    KEKURANGAN (-)

    Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

    ReplyDelete
  38. Nama:Dhimas Fajar Bimantara
    Kelas:1A

    Fungsi dan manfaat search engine
    search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah:

    mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
    Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
    Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
    Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet.

    ReplyDelete
  39. NAMA : NUR'AINI
    KELAS: S1-1A

    Terimakasih pak materinya :)

    ReplyDelete
  40. Nama : Devangga Darma Karingga
    Kelas : 1A
     Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis. untuk sekarag ini sebuah search engine sudah mulai di kembangkan untuk lebih memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine tersebut. hasil dari pecarian data biasanya di urutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas di search engine tersebut. beberapa search engine biasanya mengumpulkan informasi atau data yang di cari di dalam sebuah basisdata. atau direktori web.

    Contohnya :www.google.com

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Wahyu Sulistio / S1 Kep IB

    Mengapa judul halaman kadang tidak muncul dalam daftar hasil pencarian ?
    semoga bapak dapat menjelaskan saat bertatap muka Terima Kasih

    ReplyDelete
  43. Ervit Putri R / S1 Kep IB

    Bagaimana saya menghapus pencarian sebelumnya ketika saya memulai masukan baru ?

    ReplyDelete
  44. cecep ivan dwi.n
    S1 keperawatan IB

    salam super pak....
    terimakasih atas materi yg diberikan, tetapi saya kurang faham bila tidak tatap muka scr langsung....

    ReplyDelete
  45. NAMA : ARY NOVITASARI
    KELAS : S1 KEP IB

    Terima kasih pak atas info yang telah diberikan .
    Yang dimaksud dengan Direktori Web itu apa ya pak ?
    Mohon dijelaskan pada pertemuan selanjutnya .
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  46. NAMA : FEBRIANA IN PATMIATI
    KELAS : S1 KEP IB

    Terima kasih pak atas materi yang diberikan. tapi menurut saya materinya kurang lengkap, dan belum bisa di pahami dengan jelas jika tidak dijelaskan secara langsung. Mohon dijelaskan secara langsung dan lebih detail pada pertemuan selanjutnya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  47. Nama: Vitri Yulitasari (S1-B)
    Maaf pak ,saya kurang mengerti dengan materi ini. Mohon dijelaskan saat tatap muka minggu depan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Nama : Zakqi Aditya Permadi
    Kelas : S1 Kep 1B

    Terima kasih pak atas info yang telah diberikan, saya belum mengerti. Mohon dijelaskan secara langsung pada pertemuan selanjutnya
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  50. nama: nilla chornia erentha
    kelas: s1 kep IB

    terimakasih pak atas infonya
    fungsi dari searchengine itu sendiri apa pak?

    ReplyDelete
  51. Nama : Widha Desy Puspitasari
    Kelas : S1 Kep IB

    Terima kasih pak, atas pengetahuan barunya mengenai Search Engine. Itu sangat membantu dan memudahkan dalam penelusuran/ pencarian

    ReplyDelete
  52. KELAS S1 IB
    RIANA KURNIA NINGTIYAS
    Terimakasih pak atas materinya
    Mengenai search engine intinya begini ya pak
    Dengan Mesin pencari web kita bisa bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari (www) Halaman-halaman yang diambil dengan browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya.
    Dan Isi setiap halaman dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya. Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
    Dan mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi

    ReplyDelete
  53. fahrul dwi s.
    s1 kep 1b

    terimakasih pak atas penjelasanya . pak sebenarnya kata search engine berasal dari mana ya pak ,, ??? dan penjelasanya menurut saya bsok pertemuan tatap muka mohon di jelaskan ulang ya pak ,

    ReplyDelete
  54. Melisa Suryaningrum
    S1 Keperawatan I-A

    Terima kasih pak atas materi yang telah diberikan, saya belum mengerti. Mohon dijelaskan secara langsung pada pertemuan selanjutnya
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  55. yusuf abdillah
    S1 keperawatan 1B

    Pak mungkin jika didunia ini ada search engine beneran pasti untuk mencari sesuatu akan sangat mudah. misal untuk mencari pesawat malaysian airlines dgn nomor penerbangan MH-370 yang dikabarkan hilang itu pasti sangat mudah. tapi emh itu hal yangmustahil

    ReplyDelete
  56. Disma Liyana Dewi
    S1 Keperawatan IB

    Terima Kasih materinya..
    Saya mau tanya pak, Masala - masalah yang mempengaruhi kinerja search engine apa ya pak???

    ReplyDelete
  57. IVAN YUFIANDI H
    S1 KEP 1B

    Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  58. ALIF YUSRIL H E
    S1 KEP 1A

    apa bisa kalau kita membuat search engine sendiri ? apakah ada syarat dan ketentuan khusus ? apakah setiap search engine ada member pendaftaran ? mohon pencerahanya tentang langkah-langkah membuat search engine. terima kasih

    ReplyDelete
  59. ALFI AGUSTIN
    SI KEP 1B

    terimakasih pak materinya .

    ReplyDelete
  60. Trimakasih atas materinya pak.
    Reza yulia
    S1 - IB

    ReplyDelete
  61. Galih Satrio
    S1 keperawatan tingkat 1B

    Keren postingannya. terus lanjutin lgi. dan buat postingan yg lebih keren lgi...

    ReplyDelete
  62. lusiana dwi wulandari
    S1 keperawatan IB

    terimakasih pak atas materinya, tpi saya butuh penjelasan yg lebih untuk materi ini....

    ReplyDelete
  63. Galuh Chrismawati
    S1KEP 1B

    Terimakasih atas info infonya pak..

    ReplyDelete
  64. Nanda Regina Meiningtyas
    S1 Kep IA

    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  65. Erni Wijayanti
    S1 Keperawatan IA

    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  66. indo ardeka
    SI keperawatan / IB

    terimakasih pak atas infonya

    ReplyDelete
  67. umi hanik
    s1 keperawatan 1b
    Terima kasih pak atas infonya

    ReplyDelete
  68. Lya ayu debitasari
    S1 kep IB
    Terimakasih atas pemberitahuan bapak mengenai materi baru. Tapi saya mohon bapak bersedia menjelaskan lebih detailnya mengenai search engine.
    Terimakasih, maaf baru bisa komen hari ini

    ReplyDelete
  69. Indah Rohana
    SI B
    Terimakasih atas materinya ..

    ReplyDelete
  70. Nama: Imro'atus Solekah
    Prodi : S1 Kep/ 1B

    Pengertian search engine menurut wikipedia bahasa inggris. Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs). Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).

    Tetapi jika belum tatap muka,saya kurang mengerti. terimakasih materinya pak ..

    ReplyDelete
  71. Nama : Nuril latifiani
    Kelas : SI kep. I-B

    Terimakasih pak atas materinya, tpi menurut saya materi bapak terlalu minim,mohon di jelaskan di pertemuan selanjutnya.

    ReplyDelete
  72. elsa tantika
    s1kep/ 1b
    terimakasih pak.

    ReplyDelete
  73. Muhammad Reza Pratama
    S1 Kep. 1-A

    Macam-macam Search Engine :
    1. Google
    2. Yahoo!
    3. Bing
    4. AOL
    5. MSN
    6. Ask Jeeves
    7. Lycos
    8. Alta Vista
    9. LookSmart
    10. Alltheweb

    ReplyDelete
  74. MUHAMMAD AKHWANUDIN
    S1 KEP 1-B

    Terima kasih atas materi barunya....mungkin lebih detail anda jelaskan pada pertemuan tatap muka...terima kasih

    ReplyDelete
  75. Evania Dyita Hastuti
    S1 KEP 1-A

    Terima kasih atas info yang diberikan .
    menurut saya mesin pencari itu lebih memudahkan kalangan masyarakat untuk mencari pengetahuan yang luas.

    ReplyDelete
  76. WIDIA KUSUMA WARDANI
    S1 KEPERAWATAN 1B

    Terima kasih pak. saya tidak paham pak ,mohon di jelaskan lagi pada pertemuan tatap muka.
    terimakasih

    ReplyDelete
  77. Diah Retnowati
    S1 Keperawatan 1A
    Untuk menjadikan blok kita sering di kunjungi atau muncul dalam mesin pencarian ,,apa perlu mendaftarkan blog kita ke search engine bpk...mohon di jelaskan terimakasih :)

    ReplyDelete
  78. Oky Cakra. M.
    S1Kep 1B

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  79. NANDA SELVIA
    S1 KEPERAWATAN B
    terimakasih pak atas materinya . akan tetapi akan lebih jelas jika sebelum uas ada jam tatp muka dnganbapak agar materi tersampaikan dengan lebih jelas

    ReplyDelete
  80. ENDRIK SETIAWAN
    S1 KEPERAWATAN 1B
    Apa itu kerugian dalam memakai search engine?

    ReplyDelete
  81. YAYUK WAYUTI
    SI KEPERAWATAN 1A
    terimakasih pak informasi yang di diberikan ..saya kurang paham mohon di jelaskan pada waktu pertemuan sebelum ujian akhir semester

    ReplyDelete
  82. NIKE OKTAVIA SENJA
    S1 Kep 1A
    Terimakasih infonya pak
    saya kurang paham mhon dijlskan pd prtemuan sbelum ujian akhir
    Trmksih...

    ReplyDelete
  83. GOMAS TIYO E.S
    S1 kep 1A
    Terimakasih Pak infonya
    saya kurang jelas informasinya
    tolong dijelaskan pak.

    ReplyDelete
  84. EMA DWIJAYANTI
    S1 KEPERAWATAN 1A
    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  85. NORA ANGGI PUSPITA
    S1 kep 1A
    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  86. handa fuadiyah
    S1 kep 1A
    MAKASIH INFONYA PAK

    ReplyDelete
  87. AGNES AYU AMARDIKA
    S1 Kep IB

    terimakasih pak atas materi yang telah di berikan akan lebih baikya jka di terangkan langsung atau tatap muka akan mudah untuk di mengerti

    ReplyDelete
  88. DHATU KALVIKA SARI
    S1 KEP 1A
    terimakasih pak infonya

    ReplyDelete
  89. Heni Arif Prabowo
    S1 Keperawatan I-A


    Terimakasih pak infonya, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas..

    ReplyDelete
  90. erita purnamintari
    S1 keperawatan 1A

    Terimakasih pak infonya, tetapibelum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran di kelas

    ReplyDelete
  91. Asesia Cipta Mainitasari
    S1 Keperawatan 1A
    Terimakasih pak atas materi yang telah diberikan :)

    ReplyDelete
  92. Nama : Aurita Puji Lestari
    Kelas : S1 Keperawatan 1-A

    terimakasih pak atas materi yang diberikan .

    ReplyDelete
  93. NAMA: DEA OSELLA
    KELAS: S1 KEPERAWATAN 1A
    ABSEN: A2R14007

    TERIMA KASIH PAK ATAS MATERINYA,SAYA SUKA-SAYA SUKA.
    SAYA KEMARIN SUDAH KOMEN LO PAK KOK NGGAK DITULIS TO PAK..........................SEKARANG KOMEN LAGI :D

    ReplyDelete
  94. Widiarti PuspaNingsih
    Prodi S1 Keperawatan IA

    Trima kasoh atas info yg telah diberikan pak akan tetapi saya tidak terlalu paham dengan apa yg dimaksud tolong dijelaskan di pertemuan selanjutnya pak

    ReplyDelete
  95. Eri aptisa dini wijayanti
    S1 kep IA
    terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
    , tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  96. Trisna Silvia Devi
    S1 Keperawatan 1A
    Terima kasih pak atas materi yg telah di berikan

    ReplyDelete
  97. Nama : Eka septa iswanti
    S1 Kep IA

    terimakasih atas informasinya pak
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  98. Dessty Nurlita Putri
    S1 Keperawatan IA
    Terimakasih pak materi search enginenya

    ReplyDelete
  99. Nama : DIAH PRATIWI RACHMAWATI
    Kelas : S1 KEPERAWATAN 1A
    NIM : A2R14012



    TERIMAKASIH ATAS MATERI YANG DISAMPAIKAN DI BLOG INI.. BISA MEMBANTU DAN BERMANFAAT ...

    ReplyDelete
  100. Nama : Debby Elysa
    Kelas : SI kep. I-A

    Terimakasih pak atas materinya, tpi menurut saya materi bapak terlalu sinkat jadi mohon di jelaskan di pertemuan selanjutnya.

    ReplyDelete
  101. nama : niken kiswari
    prodi s1 keperawatan tk1A
    terimkasih pak ats materi yang diberikan menurut saya lebih jelas lagi kalau dijelaskan secara langsung

    ReplyDelete
  102. ilma ainushofa
    S1 keperawatan IA

    terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  103. Nama : Riski Afandi
    Kelas : SI kep. I-A

    Terimakasih pak atas info dan materinya,

    ReplyDelete
  104. Nama : Novia Nastasya Devi
    Kelas : S1 kep 1B

    Terimakasih untuk info materinya pak ,tapi mohon dijelaskan secara langsung agar lebih memahaminya pak

    ReplyDelete
  105. Andika arda prastya
    S1 keperawatan 1/A
    Absen 02

    Terimakasiih atas informasinya ya pak sajimin..

    Saya stuju dg teman2 yg lain....alangkah baiknya bapak bisa benjelaskan langsung seperti dosen2 yg lain .agar kami bisa lebih memahami materi dari bapak..trmksii...

    ReplyDelete
  106. Muhamad Fahrul Amin
    S1 Keperawatan I-A


    Terimakasih pak infonya, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas..

    ReplyDelete
  107. Nurma lita sari
    S1 keperawatan 1-A

    terimakasih pak informasi materinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  108. okky fajar bayu prasadha
    S1 keperawatan 1A

    Terima kasih pak Sajimin atas informasinya

    ReplyDelete
  109. intan frisca ristanty
    S1 keperawatan 1B

    Terima kasih pak Sajimin atas materi yang di berikan.. lebih jelasnya bapak bisa terangkan di kelas.. terimakasih

    ReplyDelete
  110. terima kasih pak, atas kesempatan beliau memberi peluang ilmu yang bermanfaat ini. dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, amin,,,

    ReplyDelete
  111. Terima kasih pak Sajimin atas materi yang di berikan.. lebih jelasnya bapak bisa terangkan di kelas.. terimakasih dan dapat bermanfaat amin,,,

    ReplyDelete
  112. Ega arsita
    S-1 Keperawatan 1-A
    terima kasih pak informasinya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  113. nama widia suci tk 1a
    terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  114. elvina yhonni ristanti
    IB
    terimakasih atas materi nya pak

    ReplyDelete
  115. Haris Jauhar Alifi
    S1 keperawatan 1A

    Terimakasih pak atas materinya, tpi menurut saya materi bapak terlalu sinkat jadi mohon di jelaskan di pertemuan selanjutnya.

    ReplyDelete
  116. nama : faiz ilhami
    kelas : IB
    "Terimakasih atas materinya Pak"

    ReplyDelete
  117. muhammad ikhwanudin
    kelas IA
    Terimakasih atas informasinya pak..

    ReplyDelete
  118. Bayu Isworo Jati
    D3 analis kesehatan tingkat 1

    ini materinya pak?

    ReplyDelete