Monday 5 November 2012

E-Learning

e-Learning adalah dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Beberapa ahli mencoba menguraikan pengertian e-learning menurut versinya masing-masing, diantaranya :
Jaya Kumar C. Koran (2002), e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.

Dong (dalam Kamarga, 2002), e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagaimana yang disebutkan di atas, e-learning telah mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dalam e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan- panduan elektronik yang dirancang oleh "contents writer", designer e-learning dan pemrogram komputer.

Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :
  1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
  2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
  3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.
Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan

Sejarah dan Perkembangan E-learning

E-learning atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana- Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction ) dan komputer bernama PLATO. Sejak itu, perkembangan E-learning dari masa ke masa adalah sebagai berikut:
  1.  Tahun 1990 : Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan AUDIO) DALAM FORMAT mov, mpeg-1, atau avi.
  2. Tahun 1994 : Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.
  3. Tahun 1997 : LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak , dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE LOM, ARIADNE, dsb.
  4. Tahun 1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia , video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran kecil.
Referensi: e-Learning Modlee

Penugasan Class 2012: untuk e-learning ini kita menggunakan facebook, silahkan add ke www.facebook.com/sajimin selanjutnya add ke class 2012

116 comments:

  1. Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Delete
  2. ini penugasan yang 2013 blum ada kan,pak?

    denindar.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Untuk Denindar, setiap proses belajar kita merupakan penugasan, indikator yang bisa kita gunakan ada 9 seperti yang dijelaskan dalam tatap muka, tetapi memang masih bisa ditambahkan penilaian subyektif.
    http://sajimins-hlf.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. E-learning supaya lebih efektif bagaimana caranya pak?

    ReplyDelete
  5. apa fungsinya dari E-Leaning ?
    Dan cara pembelajarannya gmn pak ?

    ReplyDelete
  6. Setelah tahun 1999, apakah perkembangan E-learning berhenti sampai di situ saja pak?mengapa belum ada perkembangan lagi?

    mkasih pak..

    ReplyDelete
  7. apakah E-learning tiap tahun ke tahun mengalami perkembangan???

    ReplyDelete
  8. Apa tujuan dari pembelajaran E-learning tersebut pak?

    ReplyDelete
  9. pak apa kekurangan dan kelebihan dari E-learning ....?...
    terimakasih ......

    ReplyDelete
  10. terimakasi bapak, tapi saya masik belum paham dengan materi itu

    ReplyDelete
  11. e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
    itu maksudnya gmn pak?
    terimakasih pak.


    http://aricksuciani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. pak selain kendala dengan kurangnya interaksi/komunikasi antar mahasiswa dengan dosen apa ada lgi kekurangan dari pembelajaran E-learning??dan apa ada juga dampak kekurangan bagi pembelajaran antar mahasiswa??

    ReplyDelete
  13. mengapa dalam pembelajaran E-learning kehadiran guru menjadi berkurang? dan apa manfaat bagi mahasiswa?

    ReplyDelete
  14. apakah penggunaan E-learning sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar pak?disamping kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh e-learning sendiri?

    terimakasih pak..

    ReplyDelete
  15. siip pak.. materinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  16. kurang jelas sihh pak .emang iku manfaat bagi mahasiswa apa loo pak???

    ReplyDelete
  17. apa pak yang melatarbekakangi di buatnya E-learning...?

    ReplyDelete
  18. Pak,,bgaimana supaya pembelajaran E-Learning lebih efektif???
    Trimakasih,,

    ReplyDelete
  19. pak,apakah penggunaan E-Learning jg cocok digunakan oleh pembelajaran anak SD?dan tolong djlaskan alasannya pak?dan 1 lg,apa dampaknya pak?
    Trimakasih,,,

    http://riaekiwidyastuti.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. apa manfaat dari E-learning ini pak?

    terima kasih

    ermayunitasari.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. GOOD POST


    http://novan17-manutd.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. NAMA : RETNO SULISTIYAWATI
    KELAS : S1/1A

    Terima kasih infonya bapak...menurut saya program e-learning itu bagus dan cukup efisien namun jika peserta didik tidak mempunyai media untuk pembelajaran tersebut jadi tidak efisien donk pak...karena tidak semua peserta didik memiliki laptop/komputer.

    sekian dari saya...terima kasih

    ReplyDelete
  23. Terimakasih atas materinya Pak. Menurut saya program e-learning itu bagus jika diterapkan pada pelajar karena sewaktu-waktu pelajar dapat mengakses dan memantau terus tentang materi pelajarannya. Selain itu, untuk para pendidik juga menjadi lebih dimudahkan dalam penyampaian materinya. Dan diantara pendidik dan pelajar menjadi lebih efisien waktu dan tenaga.
    Tetapi maaf Pak sebelumnya, karena saya juga setuju dengan pendapat dari RETNO "bahwa tidak semua pelajar mempunyai komputer"
    Terimakasih Pak......

    ReplyDelete
  24. NAMA: NISA NUR CAHYAWATI
    KELAS: S1 TK.1A

    Pak, saya belum begitu mengerti tentang pembelajaran e-learning tersebut. mohon bapak jelaskan kembali pada pertemuan minggu depan. :-)

    ReplyDelete
  25. Nama : Debi Yunita Sari
    Kelas : S1 Tk-1A

    E-Learning memang merupakan media belajar yang ekonomis dan efisien, tetapi saya masih bingung pak dengan pernyataan pada manfaat e-learning bagi para guru/dosen/instruktur, yang menyatakan bahwa e-learning dapat mengontrol kegiatan belajar peserta didik. Caranya seperti apa pak? bagaimana para guru/dosen/instruktur itu tau bahwa materi yang di sampaikan lewat e-learning sudah di buka, atau disimak oleh peserta didik?

    Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  26. Nama : Wenny Wulandari
    Kelas :1A/S1

    Terimakasih atas postingan mengenai E-Learning ini pak. Menurut saya dengan adanya E-Learning itu sangat memberi manfaat bagi dosen/guru/instruktur maupun peserta didik/pembelajar.Sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui internet ,sangatlah efisien.Peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan darimana saja Tapi menurut saya , bagi pembelajar yang tidak termotivasi dan perilaku belajar yang buruk akan terbelakang/tertinggal dalam pembelajaran dengan menggunakan pola E-Learning ini .
    Terimakasih pak ..

    ReplyDelete
  27. nama : suci wulandari
    kelas : S1/1A

    Saya setuju dengan e-learning yang mempermudah proses pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa , apalagi dijelaskan di atas biaya studi lebih ekonomis , tetapi saya kurang setuju jika kehadiran guru menjadi berkurang , bahkan tidak ada , karena peran guru sangat penting bagi para pelajar ,apakah tidak bisa jika sistem pembelajaran ini tetap berlangsung namun guru tetap berinteraksi langsung dengan peserta didiknya ??

    ReplyDelete
  28. nama : esy linda saputri
    kelas : S1 / 1A

    menurut saya e-learning mempermudah mahasiswa untuk mencari materi, untuk interaksi mahasiswa dengan dosen maupun sesama mahasiswa.mahasiswa dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat

    ReplyDelete
  29. nama : erry setyadhani
    kelas : S1 TK 1A

    Terimakasih atas materi tentang e-learning nya pak. Tapi menurut saya saya kurang paham dengan materi tersebut. bagaimana cara e-learning bisa digunakan saya belom mengerti dengan paham pak.
    sekali lagi terimakasih tentang adanya materi tersebut dapat menambah pengetahuan saya tetapi mohon bapak minggu depan bisa menjelaskan tentang e-learning secara langsung dan mohon maaf sekali saya memposting komen ini telat tidak sesuai dengan waktu yang di berikan ^_^

    ReplyDelete
  30. Dengan E Learning, diharapkan para pelajar maupun semua individu yang mau untuk belajar, dengan kemudahan akses dan peluang ini bisa untuk menggenggam dunia melalui internet, dengan bermacam referensi serta hal hal yang mampu menarik minat baca seseorang dalam belajar...

    ReplyDelete
  31. terimakasih atas infonya pak.
    e-Learning merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
    dengan adanya e-learing ini memudahkan masyarakat mencari informasi didalam internet.

    ReplyDelete
  32. saya baru tau ada cara pembelajaran seperti ini. Kira2 cocok gak buat stikeshahtulungagung ?

    ReplyDelete
  33. Galih Satrio
    S1 keperawatan tingkat 1B

    Keren postingannya. terus lanjutin lgi. dan buat postingan yg lebih keren lgi...

    ReplyDelete
  34. lusiana dwi wulandari
    S1 keperawatan IB

    terimakasih pak atas materinya, tpi saya butuh penjelasan yg lebih untuk materi ini....

    ReplyDelete
  35. cecep ivan dwi nurcahyo
    S1 keperawatan 1B

    salam super pak....
    terimakasih atas materi e-learningnya pak.......

    ReplyDelete
  36. Lebih banyak sisi positif apa negatifnya??

    Reza Yulia
    S1 kep. IB

    ReplyDelete
  37. Febriana In Patmiati
    S1 Kep IB

    Terima kasih pak atas materinya.
    Apa kekurangan dari e-learning itu sendiri dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa? mohon penjelasannya pak.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Ary Novitasari
    S1 Kep IB

    Terima kasih atas materinya, ini sangat bermanfaat pak .
    Karena untuk jaman sekarang tidak efektif bila menggunakan cara pengajaran trdisional, selain itu sisi positifnya adalah dengan cara ini kita dapat belajar kapan saja dan dimana saja .

    ReplyDelete
  39. Diana Pertiwi
    S1 Kep IB

    Materi nya sangat bermanfaat pak khusus nya yg di bidang kesehatan jadi mengerti dan paham menggunakan E-Learning. Terima Kasih

    ReplyDelete
  40. Ervit Putri Rahayu
    S1 KEP IB


    Materi yang sangat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa, pembelajaran yang efektif , agar mahasiswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran formal dan tradisional.
    Trimakasih

    ReplyDelete
  41. Widha Desy .P
    S1 Kep IB

    e-learning sangat membantu dalam menambah wawasan di era modern ini
    terima kasih atas infirmasinya pak.

    ReplyDelete
  42. fahrul dwi saputro
    s1 kep IB

    elearning sangat membantu pak dalam proses pembelajaran...

    ReplyDelete
  43. indo ardeka nurdin p
    SI keperawatan IB

    terima kasih pak atas informasinya,menurut saya e-leairning itu lebih efisien

    ReplyDelete
  44. KELAS : S1 IB
    NAMA : RIANA KURNIA NINGTIYAS
    Terimaksih pak atas materi yang disampaikan.
    Menurut saya e-Learning adalah salah satu cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media. Dengan e-learning kita dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya belajar lebih ekonomis. Namun dengan e-learning, faktor kehadiran guru otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan- panduan elektronik.

    ReplyDelete
  45. nama: nilla chornia erentha
    kelas: s1 perawat IB

    terimakasih atas informasinya pak :D

    ReplyDelete
  46. nama : umi hanik
    kelas : s1 keperawatan IB
    Terima kasih atas materinya pak
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  47. Ivan yufiandi h
    s1 keperawatan 1B

    berapa persenkah tingkat ke efektifan e learning pak ?

    ReplyDelete
  48. Lya ayu debitasari
    S1 kep IB
    Terimakasih pak atas meteri barunya.
    Saya mau tanya. Apakah e-learning ini benar-benar efektif jika digunakan dalam proses pembelajaran?
    Dengan adanya e-learning ini bukankah justru mahasiswa menjadi tidak peduli dengan dosen pengajarnya? Karena sebagian besar peran pengajar di gantikan oleh komputer.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  49. Indah Rohana
    SI B
    Trimakasih atas materinya..
    apakah pembelajaran dengan e-learning itu tidak malah akam memutus hubungan atara guru dan murid pak ?
    menurut saya pembelajaran dengan metode seperti itu kurang efektif ..
    Terimakasih ..

    ReplyDelete
  50. Nama : Imro'atus Solekah
    Prodi : S1 Kep/ 1B

    # E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001]. # E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone [LearnFrame.Com, 2001]. .... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/11/pengertian-e-learning.html
    Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

    Tapi jika antara dosen dan mahasiswa tidak bertatap muka maka proses perkuliahan kurang baik. makasih pak materinya...

    ReplyDelete
  51. Nama :Nuril latifiani
    Kelas : SI Kep. I-B

    Terimakasih atas materi tentang e-learning nya pak..
    Saya mau tanya metode penyampaian bahan ajar di e-Learning itu bagaimana? dan komponen e-learning itu apa saja?

    ReplyDelete
  52. Yusuf Abdillah
    S1 Keperawatan 1B

    Trimakasih atas materi nya pak . memang e-learning itu dapat mempermudah proses mengajar bisa dimana saja tapi mahasiswa/siswa akan susah untuk memahami beberapa materi yang memerlukan dosen atau pengajar untuk tatap muk

    ReplyDelete
  53. Vitri Yulitasari
    S1 Kep. 1B
    Terimakasih atas materinya.
    Apakah kelemahan dari e-learning?? mohon dijelaskan pd tatap muka minggu depan
    Trimakasih

    ReplyDelete
  54. Disma Liyana Dewi
    IB

    Terima kasih pak materinya.
    Tetapi apakah model pembelajaran E-learning efektif pak? bukankah dengan metode e-learning maka akan berkurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa atau bahkan antar mahasiswa itu sendiri dan Kurangnya interaksi ini dapat memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar dan mengajar, Pak?

    ReplyDelete
  55. Elsa Tantika R
    SI Kep/IB
    menurut saya lebih karena bisa belajar dimana saja saat kita membutuhkan pembelajaran , namun kurang bisa maksimal jjika tidak ada penjelasan dari dosen langsung, terima kasih pak

    ReplyDelete
  56. kenapa dengan adanya e-learning bisa mempermudah proses pembelajaran ??
    okky fajar bayu
    1A

    ReplyDelete
  57. terimakasih pak atas materi yang sudah di berikan ..
    intan frisca
    1B

    ReplyDelete
  58. Alfi Agustin
    IB

    terimakasih pak materinya. .
    dengan mnggunakan e-learning proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja asalkan ada komputer atau media elektronik lain dan jaringan internet sebagai pengganti dosen/guru .

    ReplyDelete
  59. MUHAMMAD AKHWANUDIN
    S1 KEP. 1-B

    Terima kasih atas pemberian materi e-learning ini.....dalam e-learning ini proses mengajar sangat membantu...karena proses mengajarnya menggunakan sistem jaringan internet...dan memudahkan para siswa dalam proses belajar...terima kasih

    ReplyDelete
  60. WAHYU SULISTIO W
    S1 KEP IB

    Menurut sayasalah satu kekurangan adalah e-learning hanya dapat di lakukan di daerah perkotaan sedangkan di daerah terpencil / pedesaan sulit untuk di lakukan atau d jalankan karena keterbatasan alat dan perkembangan manusia tentang IPTEK. Terimkasih

    ReplyDelete
  61. WIDIA KUSUMA WARDANI
    S1 KEP B

    terima kasih pak atas materi yang di berikan

    ReplyDelete
  62. Oky Cakra. M.
    S1Kep 1B

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  63. Zakqi Adiya Permadi
    S1 Kep 1-B

    Terima kasih atas pemberian materi e-learning ini. Apa kekurangan dan kelebihan dari E-learning ....?...
    terimakasih ......

    ReplyDelete
  64. ENDRIK SETIAWAN
    S1 KEPERAWATAN 1B
    Terima kasih pak atas materinya, apakah penggunaan E-learning sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar pak?disamping kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh e-learning sendiri?

    ReplyDelete
  65. AGNES AYU AMARDIKA
    S1 Kep IB

    terimakasih pak atas materi E-learning menurut saya dapat membantu dan mempermudah pembelajaran

    ReplyDelete
  66. DHATU KALVIKA SARI
    S1 KEP 1A
    terimakasih pak infonya

    ReplyDelete
  67. Muhammad Reza Pratama
    S1 Keperawatan 1A

    terimakasih atas materinya pak
    e-Learning adalah dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

    ReplyDelete
  68. Diah Retnowati
    S1 Keperawatan 1A
    e-Learning adalah dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
    saya setuju dengan pembelajaran tersebut tapi disisi lain banyak mahasiswa yang masih kurang paham pak.
    terimakasih

    ReplyDelete
  69. Melisa Suryaningrum
    S1 Keperawatan I-A

    terimakasih atas infonya pak , tapi saya masih kurang paham

    ReplyDelete
  70. Devangga D.K S1 1A
    maaf pak baru tau tugasnya
    e-learning apakah cukup efisien untuk pembelajaran dlm pendidik?
    menggunakan e-learning berarti semua guru harus dapat mengoperasikan komputer, jika mereka megang saja tidak bisa bagaimana?

    ReplyDelete
  71. Nanda Regina Meiningtyas
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  72. Erni Wijayanti
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  73. Alif Yusril H E
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  74. Heni Arif Prabowo
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih materinya pak..

    ReplyDelete
  75. Gomas Tiyo E S
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih atas infonya pak

    ReplyDelete
  76. nanda selvia
    S1 kep I-B
    terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya

    ReplyDelete
  77. widia kusuma wardani
    S1 kep IB
    terimakasih banyak atas semua materinya pak

    ReplyDelete
  78. Yayuk wahyuti
    S1 kep IA
    pak ini email saya yayukwhyu@gmail.com
    terima kasih materinya

    ReplyDelete
  79. Asesia Cipta Mainitasari
    S1 Keperawatan 1A
    Terimakasih pak atas materi yang telah diberikan .tetapi saya belom paham atas materi yang telah diberikan :)

    ReplyDelete
  80. Nama : Aurita Puji Lestari
    Kelas : S1 Keperawatan 1-A

    terimakasih pak atas materi yang diberikan .

    ReplyDelete
  81. Nike Oktavia senja
    S1 kep IA
    terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
    , tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  82. Eri aptisa dini wijayanti
    S1 kep IA
    terimakasih atas materinya pak, sangat membantu untuk pembelajaran kedepannya
    , tetapi saya belum paham jika belum diterangkan secara langsung.
    Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  83. NAMA:DEA OSELLA
    KELAS: S1 KEPERAWATAN 1A
    ABSEN: A2R14007

    PAK MATERINYA SANGAT BERMANFAAT,SAYA SUKA-SAYA SUKA.
    PAK KEMARIN SAYA SUDAH KOMEN LO TAPI KOK DISURUH PERBAIKAN,SEKARANG KOMEN LAGI. MAKASIH PAK...........

    ReplyDelete
  84. ILMA AINUSHOFA
    SI KEPERAWATAN IA

    Terima kasih pak,

    ReplyDelete
  85. Evania Dyita Hastuti
    S1 Kep IA
    Terimakasih atas materi E-learning pak
    sangat membantu dan menjadi tau tentang penggunaan E-learning

    ReplyDelete
  86. Trisna Silvia Devi
    S1 Keperawatan 1A

    Trima kasih pak materinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  87. Dessty Nurlita Putri
    S1 Keperawatan IA
    Makasih materinya pak tentang e-learning

    ReplyDelete
  88. Nama : Eka septa iswanti
    S1 Kep IA

    terimakasih atas informasinya pak
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  89. Nama : DIAH PRATIWI RACHMAWATI
    Kelas : S1 KEPERAWATAN 1A
    NIM : A2R14012



    TERIMAKASIH ATAS MATERI YANG DISAMPAIKAN .. BISA BERMANFAAT ...

    ReplyDelete
  90. Nama : Debby Elysa
    Kelas : SI kep. I-A

    Terimakasih pak atas materinya,

    ReplyDelete
  91. nama ; niiken kiswari
    prodi s1 keperawatan tk1a
    apakah pembelejaran dengan sistem e-learning cukup efektif diberikan kepada siswa ?

    ReplyDelete
  92. NORA ANGGI PUSPITA
    S1 kep 1A
    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  93. Nama : Riski Afandi
    Kelas : SI kep. I-A

    Terimakasih pak atas info dan materinya,

    ReplyDelete
  94. handa fuadiyah
    S1 kep 1A
    MAKASIH INFONYA PAK

    ReplyDelete
  95. EMA DWIJAYANTI
    S1 KEPERAWATAN 1A
    Terimakasih atas infonya pak, tetapi saya belum paham mksudnya tolong dijelaskan dalam pembelajaran dikelas
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  96. Nama : Novia Nastasya Devi
    Kelas : S1 kep 1B

    apakah penggunaan E-learning sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar pak? sekian terimakasih pak

    ReplyDelete
  97. Andika arda prastya
    S1 keperawatan 1/A
    Absen 02

    Terimakasiih atas informasinya ya pak sajimin..

    Saya stuju dg teman2 yg lain....alangkah baiknya bapak bisa benjelaskan langsung seperti dosen2 yg lain .agar kami bisa lebih memahami materi dari bapak..trmksii...

    ReplyDelete
  98. Muhamad Fahrul Amin
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih materinya pak..

    ReplyDelete
  99. Juang Bagaskara
    S1 Keperawatan I-A

    Terimakasih atas penjelasannya pak

    ReplyDelete
  100. terima kasih pak, semoga ilmu yang anda berikan dapat bermanfaat, amin,

    ReplyDelete
  101. Ega arsita
    S-1 Keperawatan 1-A
    terima kasih pak informasinya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  102. erita purnamintari
    S1 keperawatan 1A

    terimakasih pak infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  103. Widiarti puspaningsih
    S1 Keperawatan IA

    Trima kasih atas infonya pak

    ReplyDelete
  104. Widiarti puspaningsih
    S1 Keperawatan IA

    Trima kasih atas infonya pak

    ReplyDelete
  105. nama widya suci tk1a
    terima kasih atas materinya

    ReplyDelete
  106. elvina yhonni r
    IB
    terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  107. Haris Jauhar Alifi
    S1 keperawatan 1A

    Terimakasih pak atas materinya, tpi menurut saya materi bapak terlalu sinkat jadi mohon di jelaskan di pertemuan selanjutnya.

    ReplyDelete
  108. nama : faiz ilhami
    kelas : IB
    "Terimakasih atas materinya Pak"

    ReplyDelete
  109. Nurma lita sari
    S1 keperawatan 1-A

    terimakasih pak informasi materinya..

    ReplyDelete
  110. muhammad ikhwanudin
    SI KEPERAWATAN IA
    Terimakasih atas informasinya pak.

    ReplyDelete